Tidak Semua Penyakit Ditanggung BPJS, Berikut 20 Jenis Klaim Yang Ditolak

Tidak Semua Penyakit Ditanggung BPJS, Berikut 20 Jenis Klaim Yang Ditolak

--

 

13. Alat dan obat kontrasepsi, kosmetik. Kecuali MOW yang bersamaan dengan operasi sesar. Alat kontrasepsi yang merupakan program pemerintah bisa didapatkan gratis di puskesmas.

14. Perbekalan kesehatan rumah tangga. Misalnya obat obatan untuk melengkapi kotak P3K di rumah. 

 

15. Pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa/wabah. Misalnya pada saat Pandemi Covid19, yang mana perawatan pasien Covid19 tidak menjadi tanggungan BPJS Kesehatan. 

 

16. Pelayanan kesehatan pada kejadian tak diharapkan yang dapat dicegah. Ini mirip mirip dengan melakukan aktivitas yang berbahaya. 

 

17. Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka bakti sosial. Misalnya baksos sunatan massal atau operasi bibir sumbing. 

 

18. Pelayanan kesehatan akibat tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, korban terorisme, dan tindak pidana perdagangan orang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Mengapa? Karena ada lembaga lain yang menjamin korban. 

 

19. Pelayanan kesehatan tertentu yang berkaitan dengan Kementerian Pertahanan, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Misalnya pemeriksaan kesehatan berkala, pemeriksaan kesehatan calon tentara atau polisi. 

 

20. Pelayanan lainnya yang tidak ada hubungan dengan Manfaat Jaminan Kesehatan yang diberikan dan Pelayanan yang sudah ditanggung dalam program lain.

Sumber: