Kamu Harus Tahu, 7 Danau di Sumatera Ini Akibat Dampak Letusan Gunung Berapi

Kamu Harus Tahu, 7 Danau di Sumatera Ini Akibat Dampak Letusan Gunung Berapi

--

Proses vulkanologi yang dapat menyebabkan terbentuknya sebuah danau besar biasanya melibatkan letusan gunung berapi atau keruntuhan gunung api yang besar.

Proses ini disebut sebagai proses vulkanik atau vulkanisme.

Saat terjadi letusan atau keruntuhan gunung api, biasanya akan terbentuk kawah besar di atas permukaan tanah.

Kawah ini kemudian akan menjadi tempat yang ideal untuk menampung air hujan dan air permukaan yang masuk ke dalamnya.

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan Sriwijaya dan Nama Nama Raja Penguasanya

Seiring waktu, air yang terkumpul di dalam kawah akan membentuk sebuah danau.

Namun, terbentuknya sebuah danau besar juga dapat disebabkan oleh aktivitas tektonik, seperti pergeseran lempeng tektonik atau pengangkatan batuan di bawah permukaan.

Aktivitas ini dapat menyebabkan terbentuknya depresi di permukaan tanah yang kemudian menjadi tempat penampungan air dan terbentuklah sebuah danau.

Dalam kasus danau di Sumatera yang terbentuk akibat proses vulkanologi, seperti Danau Toba, Danau Maninjau, dan Danau Ranau, terbentuknya kawah di permukaan tanah akibat letusan atau keruntuhan gunung api menjadi faktor utama terbentuknya danau tersebut.

Sedangkan danau-danau lainnya di Sumatera yang terbentuk akibat aktivitas tektonik, seperti Danau Laut Tawar, terbentuk karena depresi di permukaan tanah yang disebabkan oleh aktivitas tektonik.

BACA JUGA:Minang Pride , Suku Bangsa Perantau, Kejar Simbol Kesuksesan

Berikut beberapa nama danau di Sumatera yang terbentuk akibat proses vulkanologi:

 

1. Danau Toba terletak di Sumatera Utara, danau ini terbentuk dari kaldera letusan gunung api Toba sekitar 75.000 tahun yang lalu.

 

2. Danau Maninjau Terletak di Sumatera Barat, danau ini terbentuk dari kaldera gunung api Maninjau yang terakhir meletus sekitar 52.000 tahun yang lalu.

 

3. Danau Singkarak Terletak di Sumatera Barat, danau ini terbentuk dari aktivitas vulkanik dan tektonik yang terjadi sejak jutaan tahun yang lalu.

 

4. Danau Kerinci

Terletak di Jambi , danau ini terbentuk dari kaldera gunung api Kerinci yang terakhir meletus sekitar 3.000 tahun yang lalu.

 

5. Danau Gunung Tujuh Terletak di Sumatera Barat, danau ini terbentuk dari kawah gunung api Tujuh yang terakhir meletus sekitar 4.000 tahun yang lalu.

 

6. Danau Ranau Terletak di Sumatera Selatan, danau ini terbentuk dari kaldera gunung api Ranau yang terakhir meletus sekitar 25.000 tahun yang lalu.

 

7. Danau Laut Tawar Terletak di Aceh, danau ini terbentuk dari aktivitas vulkanik dan tektonik yang terjadi sejak jutaan tahun yang lalu.

Sumber: