SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara Ogan Ilir, Selesai Menggelar PPDB

SMAN 1 Unggulan  Indralaya Utara Ogan Ilir, Selesai Menggelar PPDB

Saat pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara (Foto Ist)--

#152 Siswa Lolos di  Terima  

OGAN ILIR, OGANILIR.CO- Lembaga Pendidikan SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, telah selesai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024.

Ketentuan melaksanakan PPDB ini sesuai dengan Keputusan  Gubernur Sumsek  No :48/KPTS/DISDIK/2023  tentang pelaksanaan penerimaan peserta didik  baru (PPDB) Sekolah Menengah  dengan Layanan Pendidikan Khusus/Sekolah Berasrama/Double Kurikulum dan Sekolah  Menengah Kejuruan Provinsi Sumsel Tahun 2023.

“Inilah dasar Keputusannya, karena Sekolah kita ini berasrama, Maka SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, telah selesai melaksanakan PPDB,’’kata Kepala Sekolah SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir  Drs. Thohir Hamidi, M.Si.

BACA JUGA:Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Indralaya Utara Ogan Ilir, Terapkan Kurikulum Merdeka

Dijelaskan  Thohir Hamidi, dalam rangka melaksanakan amanat UU, Peraturan Pemerintah dan Peraturan Daerah tentang pendidikan tersebut, SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara  melaksanakan PPDB untuk menjamin pelayanan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat.

Dan proses PPDB dilakukan berdasarkan Objektivitas, Transparansi, akuntabilitas dan tidak diskriminatif “Tidak Diskriminatif  dimaksudkan disini, tidak membedakan antara anakan orang kaya, atau miskin, suku, daerah asal, agama dan golongan , tapi berdasarkan prestasi yang telah diraih dan berhasil dalam tes PPDB,’’terang Thohir Hamidi .

BACA JUGA:Jadi Pembina Upacara Di SMAN 1 Indralaya Utara, Kapolres Ogan Ilir Ingatkan Para Siswa Dan Guru, Harus Bijak B

Dikatakan Thohir Hamidi, tujuan pelaksanaan PPDB ini untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya. Memilih calon peserta didik baru dengan mengupayakan penerimaan yang mencerminkan azas jujur, adil, dan transparan.


Drs Thohir Hamidi Kepala sekolah SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara Ogan Ilir --

Kemudian memberikan penghargaan dan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikan pada satuan pendidikan yang diinginkan sesuai dengan kemampuan dan prestasi akademik yang dimiliki. 

“Menjaring dan menyaring peserta didik dengan bakat dan kemampuan khusus (PMPA), peserta didik yang ikut jalur mutasi orang tua, peserta didik dengan afirmasi serta peserta didik yang berada di zonasi sekolah,’’lanjutnya.

Ditambahkan Thohir Hamidi, bahwa daya tampung  peserta didik SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara pada tahun 2023 – 2024 sebanyak 4 rombongan belajar (rombel) dengan kapasitas peserta didik 38 per rombel. Sehingga jumlah daya tampungnya berjumlah 152 peserta didik.

Sistem  jalur penerimaan sendiri dilakukan  4 jalur yakni Pertama Penelusuran Minat dan Potensi Akademik (PMPA)  sebanyak 30 % : diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki bakat dan prestasi baik akademik maupun non akademik, yang  dapat dibuktikan dengan dokumen yang syah.

Lalu kedua, jalur Afirmasi  sebanyak 5 % : diperuntukkan bagi peserta didik dengan status tidak mampu secara ekonomi yang ditandai dengan kartu PKH atau KIP.

Kemudian ke tiga, jalur Mutasi Kerja Orang Tua sebanyak 5 %  : diperuntukkan bagi peserta didik dengan status ikut serta orang tua karena perpindahan lokasi kerja.”Dan ke empat, Jalur Tes Mandiri Sebanyak 50 %,’’terangnya .

PPDB sendiri dilaksanakan sejak 16 Januari 2023 diawali dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah seperti SMP, MTs, hingga berakhir 10 Maret 2023 lalu, “Dan hasilnya sebanyak 152 siswa yang dinyatakan diterima dari 187 orang pelamar,’’tukasnya (sid)

 

Sumber: