Catat, ini Jumlah Kasus Ispa di OKI

Catat, ini Jumlah Kasus Ispa di OKI

Iwan Setiawan.--

Catat, ini Jumlah Kasus Ispa di OKI 

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kasus infeksi saluran pernapasan akut (Ispa) di Kabupaten OKI dalam lima bulan terakhir tercatat 7.042 kasus. Kasus tersebut menyerang warga usia 9-60 tahun. 

Kepala Dinas Kesehatan OKI H Iwan Setiawan MKes mengatakan bahwa penyakit Ispa bisa menyerang siapa saja. "Intinya tetap waspada," kata Iwan Setiawan.

Kasus Ispa, lanjut Iwan Setiawan, terjadi pada musim hujan dan kemarau. Bukan saat musim tertentu. Data yang dihimpun, kasus Ispa balita  usia 0 bulan - <5 tahun  ada  122 orang, Ispa anak usia 5-9 tahun (3.488 orang). Llau, Ispa usia  >9 tahun sampai < 60 tahun ada 7.042 kasus dan Ispa usia > 60 tahun 1.372 kasus.

"Pencegahan penyakit Ispa dilakukan dengan menerapkan pola hidup bersih sehat, dan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas," jelasnya.

Di musim kemarau saat ini, lanjut Iwan, waraga juga harus menjaga PHBS. Jika tidak dirasakan perlu, jangan beraktivitas di luar karena cuaca sangat panas.

BACA JUGA:Jelang Keberangkatan, OKI Dapat Tambahan Kuota JCH, ini Jumlahnya

"Jika badan dalam kondisi tidak fit bisa dengan mudah terserang penyakit," terangnya.

Indah, salah satu warga mengaku, sudah tiga hari terserang Ispa dan berobat ke dokter belum juga sembuh. Udara yang panas membuat penyakitnya semakin parah.

"Susah bernapas dan badan panas dingin sangat menderita," keluhnya. 

Dikatakannya, dokter menyarankan untuk beristirahat karena di luar banyak debu dan dianjurkan untuk menjaga pola makan pastikan kondisinya bersih. 

Sumber: