Diabetes Dapat Membawa Kematian, Kenali Ciri-Cirinya

Diabetes Dapat Membawa Kematian, Kenali Ciri-Cirinya

Tes gula darah.--

Diabetes Dapat Membawa Kematian, Kenali Ciri-Cirinya

oganilir.co - Diabetes adalah kondisi dimana tubuh mengandung terlalu banyak gula. Hal yang kita anggap sepele, ternyata dapat membahayakan tubuh. 

Kementerian Kesehatan Indonesia menentukan batas konsumsi atau kebutuhan gula per hari adalah 50 gram gula atau setara dengan 4 sendok makan.  Sedangkan kadar gula pada minuman kemasan yang sering kita minum, dapat melebihi dari yang seharusnya. 

Berikut gejala jika terkena diabetes: 

1. Sering Buang Air Kecil

Insulin bertugas menyerap gula dalam aliran darah. Seorang penderita diabetes tidak dapat memanfaatkan insulinnya dengan benar. Oleh karena itu gula menjadi terhambat di dalam darah, dan membuat kadar gula menjadi menumpuk. 

BACA JUGA:Peserta BPJS Kesehatan Wajib Tahu, Ada Subsidi Pembelian Kaca Mata

Banyaknya kadar glukosa, dapat menyebabkan penderita diabetes sering buang air kecil. Hal ini karena ginjal bertugas menyingkirkan kadar glukosa ekstra dalam darah. 

2. Sering Merasa Haus

Sering buang air kecil dan merasa haus adalah gejala yang berdampingan pada penderita diabetes. Karena sering buang air kecil, maka penderita diabetes juga lebih cepat merasa haus. Cairan dalam tubuh cepat habis dan mengharuskan tubuh untuk mengisinya kembali. 

3. Berat Badan Turun 

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua orang. Namun, jika mengalami penurunan berat badan secara drastis maka patut dicurigai. Tubuh penderita diabetes cenderung kurus dari berat badan yang seharusnya. Hal ini karena ginjal berusaha menyingkirkan kadar glukosa yang berlebihan, sehingga tubuh kekurangan glukosa. 

Saat tubuh kekurangan glukosa, maka tubuh menjadi kekurangan energi. Pada saat itu tubuh secara otomatis akan membakar otot dan lemak untuk memenuhi kebutuhan energinya. 

4. Tubuh Mudah Lelah

Sumber: