Cara Merawat Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Cara Merawat Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Ilustrasi. --

oganilir.co - Saat melakukan perjalanan terkadang mobil mengalami beberapa hambatan. Seperti mobil tiba-tiba berhenti tanpa sebab, ban bocor, dan mobil berasap.

Hal itu sebenarnya bisa dicegah, jika kita melakukan pengecekan sebelum menggunakan mobil.

Pengecekan mobil sebenarnya dilakukan di tempat yang ahli seperti di bengkel. Tetapi jika ingin melakukan perawatan sederhana bisa juga dilakukan di rumah.

Melakukan perawatan mobil sederhana dapat dilakukan jika mengikuti cara yang benar.

BACA JUGA:Kapan Ban Mobil Anda Harus Diganti? ini Ulasannya

Manfaat merawat mobil juga akan kamu nikmati saat hendak menjualnya nanti. Karena, kamu hanya bisa mendapatkan harga yang terbaik apabila mobil yang kamu tawarkan berada dalam kondisi yang prima. 

Berikut Cara Sederhana Perawatan Mobil

1. Mengganti Oli Secara Berkala

Sejatinya, oli mesin sangat berperan penting dalam kendaraan. Selain meredam gesekan antar komponen mesin, oli juga dapat mendinginkan mesin. 

Saat dalam pengoperasian mesin mobil, oli otomatis akan terpakai. Eksposur ke udara dan panas akan membuat masa pakai oli menjadi berkurang. Oli juga harus diganti karena cairan ini terekspos ke kotoran serta karat.

BACA JUGA:Rem Mobil Anda Blong saat Dikendarai, Apa yang Harus Dilakukan?

Yang harus kamu lakukan adalah mengganti oli dan saringannya sebelum indikator menyala. Penggantian oli mobil dapat dilakukan berdasarkan dua acuan, yaitu waktu pemakaian kendaraan dan jarak yang ditempuh.

Sebagai contoh oli disarankan diganti pada saat odometer menunjukkan 13.000km, atau masa setahun pemakaian. Jadi, kamu dapat mengganti oli jika salah satu dari acuan itu tercapai. 

2. Periksa Air Radiator

Sumber: