Ayat-ayat Alquran yang Dapat Meningkatkan Semangat Umatnya

Ayat-ayat Alquran yang Dapat Meningkatkan Semangat Umatnya

Alquran.--

Fa bima rahmatim minallahi linta lahum, walau kunta fazzan galizal-qalbi lanfaddu min haulika fa'fu 'an-hum wastagfir lahum wa syawir-hum fil-amr, fa iza 'azamta fa tawakkal 'alallah, innallaha yuhibbul-mutawakkilin.

Artinya, Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

5. QS. Ar Rum ayat 21

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

BACA JUGA:Fiqih Islam, Tanya Jawab Mengenai Zakat dan Zakat Maal

Wa min ayatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja'ala bainakum mawaddataw wa rahmah, inna fi zalika la`ayatil liqaumiy yatafakkarun.

Artinya, Dan di antara tanda-tanda (kebesarannya), ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

Semoga ayat-ayat Alquran di atas dapat, memberikan semangat dan kekuatan, kepada umat Muslim yang merasa putus asa dalam menghadapi tantangan hidup.

Sumber: