Pecah Rekor, Harga Kopi Tembus Rp37 Ribu per kg

Pecah Rekor, Harga Kopi Tembus Rp37 Ribu per kg

Juanda di tempat mengepul kopi. foto: SEG--

Pecah Rekor, Harga Kopi Tembus Rp37 Ribu per kg

LUBUKLINGGAU, oganilir.co - Perlahan tapi pasti, harga komoditas kopi merambat naik dan mencapai harga tertinggi. Harga kopi di tingkat petani dibeli Rp37 ribu per kilogram. 

Salah satu pengepul biji kopi di Pasar Muara Atas Kota Lubuklinggau, Juanda mengatakan bahwa kenaikan harga kopi yang terjadi saat ini adalah yang tertinggi sejak dia berbisnis hasil pertanian tersebut.

"Selama saya bisnis kopi 8 tahun, bahkan ayah saya 30 tahun, baru kali ini harga paling tinggi," kata Juanda saat dibincangi, Jumat 23 Juni 2023.

Kenaikan harga kopi sudah terjadi sejak awal musi panen pada April 2023 lalu. Saat itu harga kopi masih Rp25 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram.

Kemudian harga terus meningkat bertahap. Sampai Rp37.500 per kilogram. Namun sejak dua hari lalu, harga berangsur turun hingga Rp500.

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Terlalu Sering Minum Kopi

"Itulah sekarang harganya Rp37.000 per kilogram," ungkapnya. 

Diakuinya, memang saat ini harga tertingi, sebab sebelumnya paling tinggi di harga Rp24 ribu per kilogram. Bahkan sering di bawah Rp20 ribu per kilogram. 

"Penyebabnya saat ini permintaan tinggi, sementara kopi lebih sedikit," katanya. 

Turunnya kopi produksi di tinggkat petani ini, menurut Juanda, karena pengaruh cuaca. "Misalnya di PUT (Curup) itu ada ujan salju. Cuaca seperti itu merusak kembang dan biji kecil," katanya. 

"Memang kopi ini bagusnya agak kemarau. Sementara saat baru masuk kemarau, namun masih curah hujan tinggi," ungkapnya. 

Dia mengatakan selama ini membeli kopi dari, Curup Bengkulu,  Musi rawas, Sarolangun Jambi, Muratara dan dari petani Lubuklinggau.

BACA JUGA:Petani Kopi Pulau Beringin OKUS Berharap Harga Tahun Ini Naik Rp27 Ribu per Kg, Sesuai Standar Layak Harga

Sumber: