IPAL Pabrik Pengolahan Singkong Bocor, Embung di Desa Bakung Ogan Ilir Tercemar

IPAL Pabrik Pengolahan Singkong Bocor, Embung di Desa Bakung Ogan Ilir Tercemar

Embung di Desa Bakung yang tercemar. foto: SEG--

IPAL Pabrik Pengolahan Singkong Bocor, Embung di Desa Bakung Ogan Ilir Tercemar

OGAN ILIR, oganilir.co - Embung yang menjadi sumber air bersih bagi warga Desa Bakung dan Desa Sukamulia, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel tercemar.

 

Akibatnya, air di dalam embung menjadi keruh dan tidak bisa dimanfaatkan untuk mandi dan cuci bagi warga dua desa tersebut. Usut punya usut, penyebab embung tercemar karena adanya kebocoran pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik pabrik pengolahan singkong yang tidak jauh dari lokasi embung. Limbah pabrik singkong tersebut mengalir masuk ke dalam embung.

 

"Lebih dari lima hari air sungai tercemar. Warga di sini tak bisa mandi di sungai karena mengalami gatal-gatal dan terpaksa kami menggali sumur untuk mendapatkan air yang layak," kata Edi, warga setempat dikutip dari sumateraekspres.bacakoran.co, Senin 3 Juli 2023.

 

Kepala Desa Bakung Suharman mengatakan bahwa air dalam embung tidak lagi jernih karena musim kemarau. Volume air berkurang. Namun dia tidak menampik air dalam embung berubah warna karena adanya pencemaran yang berasal dari pabrik pengolahan singkong. 

BACA JUGA:Ponpes Nurul Islam Seribandung Ogan Ilir Berdiri 1932, Dahlan Iskan pun Sempat Berkunjung

 

"Ya, sudah lima hari lalu, warga mengeluhkan air yang terindikasi (tercemar) limbah perusahaan pengolahan ubi yang ada di hulu anak sungai," ujar Suharman.

 

Dia mengaku sudah mengecek bersama perangkat desa dengan mendatangi pabrik pengolahan ubi tersebut. "Dan setelah dicek, ternyata ada kebocoran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) perusahaan, sehingga limbah mengalir ke anak sungai," terangnya.

 

Sumber: