Etnis Besar di Filipina ini Mengklaim Keturunan Kerajaan Sriwijaya, Benarkah?

Etnis Besar di Filipina ini Mengklaim Keturunan Kerajaan Sriwijaya, Benarkah?

Suku Visaya di Filipina yang mengklaim sebagai keturunan Kerajaan Sriwijaya.--

Staf Kedutaan Indonesia di Filipina menegaskan bahwa hubungan wilayah Visaya dan provinsi Ilo-Ilo hanyalah kerja sama dalam hal meningkatkan potensi pendidikan, pariwisata serta perdagangan. Selain bentuk tata kota yang mirip. 

 

Adanya bentuk rasa hormat etnis Visaya juga ditunjukkan dengan Pusat Kajian tentang kerajaan Sriwijaya yang terdapat di Provinsi Ilo-Ilo.

BACA JUGA:Shin Tae Yong Sudah Lihat Rekaman Laga Thailand vs Filipina, Timnas Indonesia Siap dengan Strategi Kejutan

 

Dinas Kebudayan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, dikunjungi oleh Minister Consellor dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila Filipina, R Toto Waspodo. Dia mengutarakan bahwa pihaknya bersama Pusat Unggulan Riset Sriwijaya telah melakukan seminar di Provinsi Ilo-ilo yang terletak di region Visayas Filipina.

 

Pihaknya telah menemukan beberapa bukti atas keterkaitan Sriwijaya dan Visaya, meskipun masih perlu di gali lebih lanjut untuk dapat memperkuatnya. Adapun bentuk awal yang ditemukan tersebut antara lain, terkait agama, bentuk rumah, makanan, dan pakaian adat.

 

Kerajaan Sriwijaya memiliki koneksi dan pengaruh yang kuat di wilayah Asia Tenggara, termasuk dengan kerajaan-kerajaan dan suku-suku yang ada di Filipina. 

 

Dalam sejarahnya, Sriwijaya menjalin hubungan perdagangan yang luas di kawasan tersebut, termasuk dengan wilayah yang sekarang merupakan bagian dari Filipina. Hubungan ini melibatkan pertukaran budaya, ide, dan barang antara Sriwijaya dan masyarakat di Filipina pada saat itu.

BACA JUGA:Thailand Rebut Posisi Puncak Usai Mengalahkan Filipina 4-0 di Thammasat Stadium Bangkok, Brunei Tersingkir

 

Dalam konteks ini, ada kemungkinan adanya kontak budaya antara Kerajaan Sriwijaya dengan beberapa kelompok masyarakat di Filipina, termasuk mungkin juga dengan kelompok etnis Visaya. 

Sumber: