Sejak Terbentuk Kabupaten Ogan Ilir, Partai ini Selalu Jadi Pemenang Pileg

Sejak Terbentuk Kabupaten Ogan Ilir, Partai ini Selalu Jadi Pemenang Pileg

H Endang PU Ishak. foto: istimewa--

Sejak Terbentuk Kabupaten Ogan Ilir, Partai ini Selalu Jadi Pemenang Pileg

OGAN ILIR, oganilir.co – Prestasi Partai Golkar di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumsel patut diacungi dua jempol. Betapa tidak, sejak Kabupaten Ogan Ilir menjadi kabupaten baru atau pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), partai tersebut selalu menjadi pemenang pemilu dari 2004 sampai sekarang.

 

Karena selalu menjadi pemenang pemilu, maka kursi ketua DPRD Ogan Ilir selalu menjadi milik Partai Golkar. Kabupaten Ogan Ilir sendiri menjadi kabupaten baru mekar dari Kabupaten OKI pada 2004 silam.

 

Pada Pemilu Legislatif 2004, DPD II Partai Golkar Ogan Ilir berhasil meraih 7 kursi. Saat itu Ketua DPD II Partai Golkar Ogan Ilir adalah H Mawardi Yahya dan mencalonkan diri sebagai calon bupati. Karena Mawardi Yahya terpilih sebagai bupati, jabatan Ketua DPRD Ogan Ilir dipercayakan kepada Iklim Cahya, mantan wartawan Sriwijaya Post. 

 

Kemenangan Partai Golkar Ogan Ilir berlanjut pada Pileg 2009. Pada pesta demokrasi rakyat lima tahunan ini, Partai Golkar Ogan Ilir menang besar. Partai tersebut berhasil meraih 10 kursi dari 40 anggota DPRD Ogan Ilir. Saat itu Ketua DPRD Ogan Ilir dijabat Iklim Cahya yang menjabat Sekretaris DPD II Partai Golkar Ogan Ilir.

BACA JUGA:Golkar Ogan Ilir Target Menangi Pileg 2024, Strategi ini yang Diterapkan

 

Kemudian pada Pileg 2014, Partai Golkar Ogan Ilir kembali menjadi pemenang dengan meraih 7 kursi. Kursi Ketua dijabat Ahmad Yani yang juga Ketua DPD II Partai Golkar. Masa jabatan Ketua DPRD Ogan Ilir periode 2014-2019 dijabat oleh Ahmad Yani dan Endang PU Ishak yang terpilih sebagai ketua partai dan anggota dewan.

Lalu, pada Pileg 2019, perolehan kursi Golkar di DPRD Ogan Ilir kembali naik menjadi 8 kursi. Jabatan Ketua DPRD Ogan Ilir dijabat oleh Suharto yang terpilih sebagai anggota DPRD tiga periode.

Saat Ketua DPD II Partai Golkar Ogan Ilir dipegang H Mawardi Yahya, dan partai berlambang pohon beringin itu meraih 10 kursi, DPP Partai Golkar menyorot perolehan suara di Pileg 2009. Saat itu Mawardi Yahya mengatakan bahwa Golkar Ogan Ilir jadi perhatian DPP karena berhasil meraih 10 kursi di DPRD. Jumlah anggota DPRD Ogan Ilir 40 orang.

 

Sumber: