Bupati OKI Diusulkan Menerima Penghargaan Koperasi, Tim Sesmil Presiden Turun Gunung

Bupati OKI Diusulkan Menerima Penghargaan Koperasi, Tim Sesmil Presiden Turun Gunung

Bupati Iskandar (tengah) bersama tim penilai Kemenkop dan Staf Sesmil Presiden RI, Kamis 13 Juli 2023. foto: khairunisyak SEG--

Bupati OKI Diusulkan Menerima Penghargaan Koperasi, Tim Sesmil Presiden Turun Gunung

KAYUAGUNG, oganilir.co - Dinilai berhasil memajukan perkoperasian di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Bupati Iskandar diajukan untuk menerima tanda kehormatan Satyalancana Wirakarya Pembangunan bidang Koperasi  dari Presiden RI oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI.

 

Usulan menerima penghargaan itu bukan tanpa alasan. Karena Bupati OKI H Iskandar berhasil memajukan koperasi melalui program Satu Desa Satu Koperasi (SDSK) dan telah merevitalisasi perkebunan kelapa sawit rakyat seluas 21.000 hektare dari tahun 2017-2022.

 

"Kami bertujuan menggali data, kroscek lapangan usulan dari Kemenkop UKM sebagai promotor Pak Bupati untuk diberi pertimbangan oleh anggota dewan pertimbangan presiden karena Pak Bupati dinilai berhasil, memajukan koperasi untuk kesejahteraan masyarakat," kata Elisa Sintia Dewi SE, ketua Tim Penilai Sekretariat Militer Presiden, di kantor Pemkab OKI Kayuagung, Kamis 13 Juli 2023.

 

Elisa mengatakan verifikasi yang dilakukan tak hanya administrasi saja. Melainkan uji lapangan ke sejumlah lokasi. "Program satu desa satu koperasi yang sudah digagas pak Bupati sejak 2014, sebuah inovasi yang orisinil menurut kami untuk mendukung ekonomi kerakyatan," ujarnya.

BACA JUGA:Jemaah Haji OKI Meninggal, ini Identitasnya

 

Zainal Abdin SE MM dari Kemenkop UKM selaku promotor mengatakan Penganugerahan Satya Inovasi bidang UKM/Koperasi yang diusulkan bagi bupati OKI berkat dukungan regulasi, strategi, sistem, kebijakan yang diberikan untuk mendukung pembangunan koperasi dan UKM.

 

"Sebelum pengusulan, kami memilah daerah di Indonesia yang layak menerima SWK. Untuk tahun ini hanya 7 daerah yang layak. Salah satunya Kabupaten OKI satu-satunya di Sumatera," tukasnya.

 

Sumber: