Desa Betung 1 Ogan Ilir Menuju 3 Besar Lomba Anugerah Pesona Desa Wisata Tingkat Provinsi

Desa Betung 1 Ogan Ilir Menuju 3 Besar Lomba Anugerah Pesona Desa Wisata Tingkat Provinsi

Wisata Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Ogan Ilir --

Adapun ke empat desa tersebut yakni  Desa Meranjat I Kecamatan Indralaya Selatan, Desa Betung I Kecamatan Lubuk Keliat, Desa Talang Aur Kecamatan Indralaya,  Desa Tanjung Pinang II Kecamatan Tanjung Batu.

“Hasil seleksi yang kami lakukan , ada empat Desa yang memang layak untuk mengikuti lomba Anugerah Pesona Desa Wisata tingkat Provinisi Sumsel, yakni Desa Betung I, Desa Talang Aur, Desa Tanjung Pinang II dan Desa Meranjat I,’’kata Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Ogan Ilir H Amirudin SSos Msi, didampingi Kabid Pariwisata Hendra Wijaya SE dan Kasi Pengembangan Kepariwisataan Ahadam Fachrullah SSos.

Dikatakan H Amirudin, sebelum empat desa itu ditentukan untuk ikut dalam ajang Pesona Anugerah Desa Wisata, awalnya ada tujuh  Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) merupakan kelompok swadaya masyarakat yang memiliki kepengurusan.

BACA JUGA:Wisata Edukasi di Ogan Ilir, View Kerbau Rawa Berendam di Tanjung Senai Jadi Piihan

“Hasilnya ada empat Desa yang dinilai bisa mengikuti lomba Pesona Anugerah, karena kesiapan dari Pokdarwis. Memang ada satu desa lagi yakni Desa Burai, hanya saja desa ini pernah di nobatkan sebagai desa ekowisata tingkat nasional, sehingga tidak boleh lagi diikut sertakan,’’terang H Amirudin.

Dikatakan H Amirudin, dalam lomba Pesona Anugerah Desa Wisata ada empat Katagori, yakni Katagori I Daya Tarik Pengunjung. Katagori 2  Homestay, Katagori 3 Kelembagaan dan Katagori 4 yakni Souvenir.

“Kita berharap Desa  yang menjadi Duta Kabupaten Ogan Ilir pada ajang Pesona Anugerah Desa Wisata, bisa menyambet salah satu Katagori, syukur-syukur ke empat Katagori,’’lanjutnya.

BACA JUGA:Desa Tambang Rambang Kecamatan Muara Kuang Ogan Ilir Bakal Jadi Kawasan Agrowisata Durian yang Lengkap

Oleh sebab itu, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan segala sesuatunya  sesuai dengan petunjuk dari pihak panitia dan  pihak Dinas Kaparisataan Provinsi Sumsel.

Seperti mampu menunjukkan daya tarik pengunjung berbabsis alam, budaya maupun buatan. Lalu  menampilkan keunikan, keeksotikan dan keotentikan daya tarik pengunjung yang dimiliki Kabupaten Ogan Ilir .

“Termasuk kita juga akan  mempersiapkan dengan menunjukan aktvitas  wisata yang dimiliki dan ditawarkan ke wisatawan yang tentunya mempunyai nilai  kreatif, inovatif dan lainnya ,’’ucap H Amirudin (Sid)

 

Sumber: