Wisata Edukasi di Ogan Ilir, View Kerbau Rawa Berendam di Tanjung Senai Jadi Piihan

Wisata Edukasi di Ogan Ilir, View Kerbau Rawa Berendam di Tanjung Senai Jadi Piihan

Kerbau rawa milik peternak Desa Tanjung Pering di kawasan KPT Pemkab Ogan Ilir Tanjung Senai. --

Wisata Edukasi di Ogan Ilir, View Kerbau Rawa Berendam di Tanjung Senai Jadi Piihan

OGAN ILIR, oganilir.co - Libur sekolah telah tiba. Bagi orang tua yang tinggal di Palembang atau Kota Kayuagung dan sekitarnya yang ingin mengajak anaknya untuk berwisata edukasi, bisa mengajak anaknya menyaksikan kerbau rawa milik peternak warga Desa Tanjung Pering, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir yang melepasliarkan kerbaunya berendam di rawa-rawa Kawasan Pekantoran Terpadu (KPT) Pemkab Ogan Ilir yang terletak di Tanjung Senai, Kecamatan Indralaya. 

Di kawasan rawa-rawa yang dalamnya tidak lebih dari 1,5 meter, kerbau rawa dilepasliarkan oleh peternak mencari makan dan berendam. Jadwal puluhan atau ratusan kerbau tersebut dilepasliarkan pada pagi pukul 09.00 dan sore pada pukul 15.00 WIB. 

Menariknya, kerbau-kerbau yang dilepasliarkan tersebut pulangnya bukan digiring, melainkan pulang ke kandangnya sendiri. Saat air rawa lagi dalam, sejauh mata memandang, puluhan atau ratusan kerbau berendam.

Untuk menuju ke Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Ogan Ilir, ada empat jalan. Yakni dari Desa Tanjung Pering, Kecamatan Indralaya Utara yang menjadi lokasi peternakan. Jalan ini bisa ditempuh lewat Jalintim Palembang-Prabumulih, Desa Tanjung Pering. Jarak dari Desa Tanjung Pering ke KPT Pemkab Ogan Ilir ditempuh sekitar 4 km.

BACA JUGA:Sembilan Personil Polres Ogan Ilir, Naik Pangkat

Jalan kedua adalah lewat jalan di samping kantor Pemkab Ogan Ilir lama yang terletak di Jalintim Palembang-Kayuagung Km 36. Akses yang paling dekat menuju lokasi wisata edukasi kerbau berendam. Hanya sekitar 2 km, sudah bisa menyaksikan view eksotis.

Jalan ketiga menuju KPT Pemkab Ogan Ilir dari Desa Sakatiga Seberang, Kecamatan Indralaya yang menjadi gerbang utama menuju destinasi wisata. Dari gerbang utama Pemkab Ogan Ilir Desa Sakatiga Seberang hanya sekitar 2-25 km. Sebab, kerbu-kerbau tersebut bisa ditemukan berendam tidak jauh dari KPT Pemkab Ogan Ilir.

Jalan terakhir menuju destinasi wisata kerbau rawa berendam bisa ditempuh dari Desa Lubuk Sakti, Kecamatan Indralaya Selatan. Jalan ini menjadi alternatif bagi warga Kecamatan Indralaya Selatan dan Tanjung Batu yang akan menuju KPT. Hanya saja jaraknya agak jauh. Bisa mencapai 5 km.

Mengenalkan anak-anak pada wisata edukasi kerbau rawa berendam ini bisa membahasnya dengan mengklasifikasikan kerbau itu termasuk hewan jenis herbivora dan burung yang memakan kutu pada kulit kerbau. Burung yang betah berjam-jam berada di pundak kerbau, berburu kutu yang menempel pada kulit kerbau. Kerja sama itulah yang disebut simbiosis mutualisme.

BACA JUGA:Jemaah Masjid Agung An-Nur Kurban 6 Sapi, Satu Di Antaranya Bupati Ogan Ilir

Bagaimana dengan harga tiket masuk (HTM)? Untuk masuk atau nenuju kawasan wisata kerbau rawa berendam ini, pengunjung atau wisatawan tidak perlu merogoh kocek sepeser pun alias gratis. Pemandangan alam atau wisata edukasi ini bisa dinikmati secara gratis. Tidak ada kewajiban membeli tiket atau memarkirkan kendaraan di tempat tertentu. Pengunjung bisa memarkir kendaraannya di sisi kiri dan kanan bahu jalan. 

Selamat menikmati wisata edukasi murah meriah. 

Sumber: