Ketua Dewan Pers Jadi Pambicara HPN, Wartawan Curhat

Ketua Dewan Pers Jadi Pambicara HPN, Wartawan Curhat

Gubernur HD menghadiri peringatan HUT PWI ke-77, HPN, dan Porseniwada di Ballroom Hotel Grand Zuri Lubuklinggau, Sabtu 5 Agustus 2023. foto: dendi romi/oganilir.co--

Ketua Dewan Pers Jadi Pambicara HPN, Wartawan Curhat

LUBUKLINGGAU, oganilir.co - Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu menjadi pembicara dalam seminar yang digelar memperingati HUT PWI ke-77, HPN, dan Porseniwada di Ballroom Hotel Grand Zuri Lubuklinggau, Sabtu 4 Agustus 2023. Seminar dimoderatori Dr Icuk M Sakir. 

 

Kedatangan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menjadi pembicara seminar dimanfaatkan awak media untuk curhat mulai dari hubungan dengan pemerintah daerah yang kurang harmonis hingga persyaratan pengajuan pendirian media. 

 

General Manager Linggau Pos Solihin mengatakan bahwa syarat uji kompetensi wartawan (UKW) yang diberlakukan Dewan Pers, di daerah masih ada atau beberapa wartawan yang belum sempat mengikutinya. Mulai dari kesibukan sebagai wartawan hingga izin untuk mengikuti UKW itu sendiri. 

 

"Abah Dahlan (Pak Dahlan Iskan) mewajibkan wartawan mengikuti UKW, saat itu saya tidak sempat mengikuti UKW karena kesibukan mengurus perusahaan," kata Solihin.

 

Ninik Rahayu menyatakan bahwa UKW menjadi syarat untuk menjadi wartawan. Karena dari UKW itulah seorang wartawan mengetahui kode etik peliputan hingga layak tidaknya menjadi wartawan.

BACA JUGA:Suparno Wonokromo Terima Penghargaan PWI

 

"Teman-teman di daerah, jangan khawatir untuk ikut UKW. Malahan UKW yang digelar PWI bekerja sama dengan pemerintah daerah tanpa biaya alias gratis. Tapi ingat, kalau sudah ikut UKW harus lulus," ujarnya. 

 

Sumber: