Kenali Penyakit Gastroparesis, ini Ciri-Cirinya

Kenali Penyakit Gastroparesis, ini Ciri-Cirinya

dr HM Ayus Astoni SpPD KGEH.--

Kenali Penyakit Gastroparesis, ini Ciri-Cirinya

PALEMBANG, oganilir.co - Mungkin Anda tidak familiar dengan kata gastroparesis? Secara ilmiah, gastroparesis artinya suatu kelumpuhan dari lambung. 

Dr HM Ayus Astoni SpPD KGEH, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroentero Hepatologi KSM Penyakit Dalam Rumah Sakit dr Mohammad Hoesin mengatakan gastroparesis secara definisi sederhana adalah lambung dan paresis yakni kelumpuhan atau kelemahan. Maka  gastroparesis diartikan suatu kelumpuhan dari lambung (Gastro Falsi).

 

"Ini adalah suatu kondisi di mana terjadi kelambatan pengosongan isi lambung. Normalnya," kata M Ayus Satoni.

 

Dikatakannya, lambung itu kalau makanan cair  maksimal 2 jam sudah kosong, kemudian kalau makanan padat 4-6 jam sudah kosong. Mmakanan itu sudah dicerna dalam usus halus.

BACA JUGA:Mediasi Kasus Pemecatan 2 Dokter RS Muhammadiyah Kembali Gagal, Hakim PN Palembang Beri Kesempatan Sekali Lagi

 

Namun, tambahnya,  pada lambung yang mengalami gastroparesis ini proses cerna makanan oleh tubuh tidak terjadi secara normal sehingga makanan yang ada di lambung lama menetap di dalam lambung. Hal ini menyebabkan gejala-gejala klinis sering timbul seperti rasa nyeri setelah makan, perut merasa kembung, muntah setelah makan, mual, kadang-kadang penderita tidak sampai tidak mau makan sehingga badan menjadi kurus.

 

“Tetapi gejala spesifik dari pada gastroparesis ini adalah dia muntah dan rasa penuh jadi merasa penuh setelah makan,” jelasnya.

 

Kata Ayus, bila merasa ada  gejala-gejala itu seperti perut merasa penuh dan muntah setelah makan, maka kemungkinan besar orang itu menderita gastroparesis. Ketika sudah dijumpai gejala-gejala klinis gastroparesis biasanya dokter harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab gastroparesis ini.

Sumber: