KPK Sebut Harun Masiku Berada di Luar Negeri

KPK Sebut Harun Masiku Berada di Luar Negeri

Harun Masiku.--

KPK Sebut Harun Masiku Berada di Luar Negeri

JAKARTA, oganilir.co - Tiga tahun menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku sampai saat ini belum berhasil ditemukan. KPK yang mengklaim pernah menerima informasi terkait daftar pencarian orang (DPO) Harun Masiku ke luar negeri melalui jalur tidak resmi. Sebab, sebelumnya Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri menyatakan bahwa Harun Masiku berada di dalam negeri.

 

"Dalam perkembangannya informasi yang kami terima yang bersangkutan (Harun Masiku) itu sudah keluar dari Indonesia, tapi tidak melalui jalur resmi sehingga tidak tercatat pada saat keluarnya. Nah, dari informasi tersebut kita tindaklanjuti," kata Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Brigjen Asep Guntur Rahayu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2023 malam.

 

KPK sempat melakukan pengecekan ke luar negeri, untuk mencari tersangka kasus dugaan suap yang juga mantan calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI itu.

 

"Kami sudah mengirimkan tim ke negara tetangga kemudian mengecek informasi keberadaannya dan itu juga kami koordinasi dengan Divisi Hubinter," ujar Asep.

BACA JUGA:Tersangka Pemberi Suap Proyek Basarnas Menyerahkan Diri ke KPK, Siapa Ya?

 

Dikatakannya, berdasarkan informasi dari Divisi Hubinter Polri, sudah ada kerja sama police to police dengan sejumlah kepolisian negara lain, yang memungkinkan KPK untuk ikut turut serta mencari keberadaan Harun Masiku.

 

"Misalnya kepolisian Singapura, kepolisian Malaysia, Filipina, nah bekerja sama dengan kepolisian Indonesia sekiranya ada informasi di negara tersebut. Kita bisa bekerja sama melalui kepolisian Indonesia, Mabes Polri, kemudian Mabes Polri dengan negara tersebut untuk mencari para terduga atau tersangka itu," tegas Asep.

 

Sumber: