2 Syarat Agar Ibadah Dapat Diterima oleh Allah SWT

2 Syarat Agar Ibadah Dapat Diterima oleh Allah SWT

2 Syarat Agar Ibadah Dapat Diterima oleh Allah SWT --

2 Syarat Agar Ibadah Dapat Diterima oleh Allah SWT 

 

PALEMBANG, oganilir.co - Ibadah dalam Islam merujuk pada segala bentuk peribadatan dan aktivitas spiritual yang dilakukan oleh seorang Muslim sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah. Ini termasuk salat, puasa, zakat, haji, serta berbagai tindakan baik dan ibadah lainnya yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Ada 2 syarat agar ibadah kita diterima dan keduanya harus hadir dalam ibadah kita. 

 

1. Ikhlas

Syarat pertama diterimanya ibadah seorang hamba di sisi Allah SWT adalah ikhlas. Semua perbuatan yang dilakukan semata-mata hanya karena Allah ta’ala, sebagaimana firman-Nya:

وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ

BACA JUGA:Tidak Beribadah Tapi Rezeki Lancar, Awas Istidraj!

Wa maa umiruu il-la liy'abu dul laaha mukhlisiina lahud-diina huna faa-a wa yuqiimus salaahta wa yu-tuz zakaata; wa zaalika diinul qaiyimah.

Artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah : 5)

 

2. Caranya Benar atau Sesuai dengan Syariat

Syarat kedua diterimanya amal adalah dilakukan dengan cara yang benar atau sesuai dengan syariat Islam. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan seorang muslim beramal saleh adalah sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah SWT.

Sumber: