Ogan Ilir Di "Kepung Asap dan Api" , Akibat Karhutla

Ogan Ilir Di

Karhutla di kawasan Tol palindra Ogan Ilir --

Ogan Ilir Di Kepung Asap dan Api , Akibat Karhutla 

OGANILIR.CO- Suhu panas belakangan ini luar biasa dan  sangat rentan lahan gambut maupun semi gambut terbakar, apalagi kalau ada yang sengaja melakukan pembakaran lahan untuk membuka kebun, dipastikan dampaknya sangat berbahaya, karena mudah tersulut api, ujung-ujungan kobaran api tidak terkendali.

Ini terjadi diwilayah Kabupaten Ogan Ilir hampir sepekan ini, terjadi Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla)  dan tepat pada tanggal hari kemerdekaan ke 78 RI,  17 Agustus 2023, kobaran api mewarnai Bumi Caram Seguguk, hingga berlanjut malam harinya.

Ruas jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) sempat dikepung api dan asap, sehingga lalu lintas kendaraan sempat terganggung, meski pihak pengelola Tol Palindra belum mengeluarkan larangan kendaraan  untuk melintas, namun antisifasi terhadap pengendara yang melintas di Tol Palindra tengah dilakukan, guna menghindari  insiden kendaraan mengalami kecelakaan.

BACA JUGA:Water Booming Dikerahkan untuk Padamkan Karhutla di Dekat Tol Palindra Sumsel

Adanya karhutla yang sempat menutupi ruas jalan Tol Palindra, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar dan Kapolres Ogan Ilir AKBP H Andi Baso Rahman langsung terjun kelapangan , untuk memastikan terjadi karhutla dari dekat, dan melakukan upaya koordinasi pemadaman  hingga menekan agar tidak terus  meluas.

Tim gabungan Satgas karhutla, mulai dari Polri, TNI dan BPBD sudah bekerja siang dan malam dalam upaya melakukan pemadaman karhutla, namun sempat kewalahan melawan api yang terus berkobar.

Karhutlapun pada Jumat 18 Agustus 2023 masih terus berlanjut dan meluas , seperti yang terjadi diwlayah Desa Palemraya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

BACA JUGA:Wakil Menteri LHK Tinjau Berkas Karhutla Desa Palemraya Ogan Ilir

Membuat orang nomor satu dijajaran Polda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo, harus turun langsung  untuk memantau karhutla dari dekat, dan memastikan  petugas yang melakukan pemadaman  sudah standby dan siap siaga terus.

 Sementara hari Jumat 18 Agustus 2023 , Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar dan Kapolres Ogan Ilir H AKBP Andi Baso Rahman , Ketua Pengadilan Negeri OKI-OI, dan Pabung Mayor Inf Jauhari bersama unsur terkait lainnya langsung melakukan rapat koordinasi pertemuan di ruang rapat utama Pemkab Ogan Ilir di KPT Tanjung Senai.

Baik Bupati dan Kapolres  mengharapkan agar semua unsur pemerintahan yang terkait dapat membantu pihak kepolisian dan berperan aktif untuk sama sama mencegah terjadinya karhutla yang lebih luas  diwilayah kabupaten Ogan Ilir.

BACA JUGA:BMKG Sumsel Ingatkan Potensi Karhutla Dibeberapa Daerah

“Saat  ini tim gabungan , baik dari Polres, BPBD dan TNI terus berupaya melakukan pemadaman  terhada lokasi yang terbakar, terus melakukan himbaun kepada masyarakat dan patroli diwilayah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,’’kata Kapolres .

Sumber: