Dana Desa Bermasalah, ini Saran Kejari OKI untuk Pak Kades

Dana Desa Bermasalah, ini Saran Kejari OKI untuk Pak Kades

Alex Akbar.--

Dana Desa Bermasalah, ini Saran Kejari OKI untuk Pak Kades

KAYUAGUNG, oganilir.co - Sudah menjadi rahasia umum banyak kepala desa di Sumsel terjebak dalam mengelola dana desa (DD). Seperti yang terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Karena itu Kejaksaan Negeri (Kejari) OKI menjalankan tugasnya dalam Program Jaksa Jaga Desa yang dicanangkan Jaksa Agung St Burhanuddin.

 

Kepala Kejaksaan Negeri OKI Dicky Darmawan SH MH melalui Kasi Intel Alex Akbar mengatakan bahwa kades dipilih karena ketokohannya, bukan karena kemampuan. Shingga kendalanya banyak yang belum paham masalah  administrasi. Sesuai arahan presiden, jangan administrasi dijadikan kriminalisasi.

 

"Jadi kami mengajari mereka cara pembukuan yang benar," kata Alex Akbar, Kamis 24 Agustus 2023.

 

Dia mencontohkan, jika perangkat desa mereka membeli peralatan harus didokumentasikan dan kwitansi pembelian harus disimpan. Jadi sewaktu-waktu ada pemeriksaan, mereka bisa memperlihatkan sebagai bukti.

BACA JUGA:Foto Disebar, eks Kades di Lahat Ini Resmi Jadi Buronan Polres, Kasus Dana Desa Rugikan Negara Rp1,2 Miliar

 

"Pembukuan dan administrasinya harus rapi," ujarnya.

 

Dalam membelanjakan dana desa, lanjut Alex Akbar, jika bangunan fisik, warga desa dilibatkan. Karena dana desa ini tidak lari kemana-mana. Kemudian untuk non fisik seperti bantuan BLT DD itu harus disalurkan sesuai peruntukannya.

 

Sumber: