Pastikan Ketersediaan Air Bersih, Kapolsek Air Sugihan Sidak PT SAML

Pastikan Ketersediaan Air Bersih, Kapolsek Air Sugihan Sidak PT SAML

Persediaan air bersih PT SAML. foto: istimewa--

Pastikan Ketersediaan Air Bersih, Kapolsek Air Sugihan Sidak PT SAML

KAYUAGUNG, oganilir.co - Memastikan ketersediaan air bersih di PKS PT SAML Jalur 30, Kapolsek Air Sugihan Iptu Rio Trisno SH MH melakukan sidak ke kantor perusahaan tersebut, Sabtu 9 September 2023. Dia didampingi Kanit Provost Bripka M Iskandar SE beserta personel Polsek Air Sugihan. 

 

Kapolsek Air Sugihan Iptu Rio Trisno SH MH mengatakan bahwa sidak dilakukan di PT SAML untuk memastikan ketersediaan air bersih di lokasi perusahaan. Selama ini PKS PT SAML jalur 30 mengandalkan kebutuhan air dari sungai, sumur, dan tadah hujan. 

 

"Kita datang  ke sini untuk melihat ketersediaan air di PT SAML," kata Rio.

 

Hasil pengecekan yang dilakukan, lanjut Rio, kualitas sumur yang dibuat warga airnya berbau, mengandung karat berlemak, dan warnanya kecoklatan, bahkan hitam dikarenakan tekstur tanah di Air Sugihan merupakan gambut. 

BACA JUGA:Dampak Air Sungai Lematang Turun Hingga 70 Persen, PDAM Harus Maksimalkan 30 Persen Operasional Air Bersih

 

"Kita berkoordinasi dengan pihak PT SAML yang bertujuan untuk membantu masyarakat Kecamatan Air Sugihan dalam memenuhi air bersih yang layak untuk dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

 

"Setelah berkoordinasi dan meminta bantuan dengan pihak PT SAML diketahui bahwa pihak PT SAML selama ini sudah menyediakan secara gratis kepada masyarakat air bersih yg berasal dari water treatment yang berada di PKS PT SAML, dengan cara masyarakat membawa jeriken atau drum untuk mengambil air bersih tersebut yang berada di PKS PT SAML yang mana kualitas air tersebut sudah bisa langsung diminum, dan kegiatan tersebut sudah berlangsung selama kurang lebih empat tahun terakhir ke belakang, tetapi baru dua desa saja masyarakat yang mengambil di PKS PT SAML tersebut yaitu masyarakat Dsa Rengas Abang dan Desa Bukit Batu mengingat jarak terlalu jauh dari desa lainnya untuk mengambil air bersih di PKS PT SAML tersebut."

Sumber: