Kunker ke Banyuasin, Irjen Kementan Puji Pembukaan Lahan Pertanian Baru

Kunker ke Banyuasin, Irjen Kementan Puji Pembukaan Lahan Pertanian Baru

Askolani (kanan) bersama Jan S Maringka saat meninjau lahan pertanian baru di Desa Langkan, Ahad 10 September 2023. foto: aqda SEG--

Kunker ke Banyuasin, Irjen Kementan Puji Pembukaan Lahan Pertanian Baru

BANYUASIN, oganilir.co - Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI Dr Jan S Maringka SH MH melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuasin, Ahad 10 September 2023. Dia berkunjung  ke Desa Langkan, Kecamatan Banyuasin III.

 

Jan S Maringka mengapresiasi pertanian di Kabupaten Banyuasin. Karena saat semua kabupaten/kota di Indonesia tergerus lahan pertanian. Tetapi Kabupaten Banyuasin malahan menambah lahan persawahan baru. Salah satunya di Desa Langkan, Kecamatan Banyuasin III. 

 

"Di saat Kabupaten/kota lain lahan pertanian tergerus, di sini terbentuk lahan sawah baru, " kata Jan S Maringka saat meninjau pembukaan lahan sawah baru di Desa Langkan, Banyuasin.

 

Penyebab tergerus lahan pertanian itu sendiri yaitu adanya pembangunan infrastruktur, pembangunan industri dan lain sebagainya. Tentunya penambahan lahan sawah baru ini, akan dapat menjadi kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Terganjal Syarat, Bupati Banyuasin Batal Lantik Pejabat

 

"Bisa jadi contoh buat kabupaten/kota lainnya," tukasnya.

 

Oleh karena itu harus adanya bentuk dukungan dari pemerintah pusat, provinsi hingga Kabupaten sehingga kegiatan seperti dapat terwujud. Kemudian pihaknya juga melakukan sosialiasi agar kedepannya setiap desa menganggarkan minimal 20 persen untuk kegiatan pertanian. 

 

Sumber: