Potensi Karhutla di Sumsel Cukup Tinggi

Potensi Karhutla di Sumsel Cukup Tinggi

Kepala BNPB RI Kunjungi Sumsel soal Karhutla --

Wabup Ardani Ikut Hadiri  Kunjungan Lapangan Kepala BNPB RI

OGANILIR.CO-Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, S.H., M.H didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik mengikuti Kunjungan Lapangan Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, MM ke Posko Satgas Karhutla Provinsi Sumsel Tahun 2023. di Auditorium Graha Bina Praja Palembang, Selasa 12 September 2023.

Kedatangan kepala BNPB RI disambut Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru beserta Kepala Daerah Se-Sumsel, dalam rangka rapat koordinasi penanggulangan bencana karhutla di Provinsi sumatera selatan,  guna menyusun strategi agar karhutla di Sumsel dapat semakin terkendali

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan,  banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan akibat dari terbengkalainya lahan, menurut data statistik dari BMKG yang telah dipaparkan terdapat beberapa titik yang masih menjadi lokasi status siaga. 

BACA JUGA:Gempa Bumi Cianjur, Data BNPB di Lapangan Ada 2 Orang Meninggal Dunia dan Empat Luka-luka, Ini Data Sementara

"Pada hari ini Bapak Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., MM menjumpai kita, kami ucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya beserta bantuannya semoga menjadi spirit bagi kami terutama semangat tersendiri bagi para satgas yang bertugas nantinya." Ujarnya

Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., MM menyampaikan potensi ancaman karhutla di Provinsi Sumatera Selatan cukup tinggi, memang saat ini sedang menghadapi situasi kemarau yang mengakibatkan kekeringan dan kebakaran hutan, tidak hanyak di Sumatera Selatan saja di pulau jawa juga sedang mengalami bencana karhutla yang sama. 

"Sebelumnya terimakasih banyak atas sambutannya kita yakin Sumsel dapat memerangi karhutla ini, perihal pasukan darat yang tidak dapat memasuki jangkauan yang sulit kita masih bisa jangkau oleh bantuan udara. Pesan yang dapat disampaikan pada rapat kali ini selagi jarak yang dapat dijangkau satgas segera padamkan, jangan sampai kita diam dan mengakibatkan asap menyebar ke negara tetangga". Ujarnya

BACA JUGA:Polres Ogan Ilir Gelar Apel Operasi Stop Karhutla

Menurut Suharyanto, BNPB saat ini terus memprioritaskan penanganan karhutla di enam provinsi yang setiap tahunnya kerap terjadi karhutla diantaranya, Kaltim, Kalteng, Kalsel, Jambi, Riau dan Sumsel.

Terlebih, sambungnya, karhutla saat ini terjadi saat El Nino. Dimana kekeringan yang luar biasa bisa semakin membuat hutan dan lahan semakin rentan terbakar.

Dimana strategi jangka pendek yang terus dilakukan yakni dengan melakukan pembasahan lahan sehingga tidak mudah terbakar.

BACA JUGA:Karhutla Marak, BPBD Prabumulih Himbau tak Bakar Sampah

Dia mengaku, jika lahan dan hutan di Sumsel ada yang terbakar. Kendati begitu, lebih banyak karhutla yang telah dipadamkan.

Sumber: