Minuman Sachet Mengandung Alkohol Beredar di Surabaya, Dinkes Langsung Bertindak

Minuman Sachet Mengandung Alkohol Beredar di Surabaya, Dinkes Langsung Bertindak

Minuman sachet Asli Otentik yang beredar di Surabaya.--

Minuman Sachet Mengandung Alkohol Beredar di Surabaya, Dinkes Langsung Bertindak

SURABAYA, oganilir.co - Banyak cara dilakukan perusahaan makanan atau minuman khusus anak-anak untuk merusak generasi muda Indonesia. Baru-baru ini beredar minuman kemasan sachet di Surabaya mengandung alkohol. Minuman kemasan sachet itu bernama AO (Asli Otentik) yang beredar di sekolah dasar hingga SMP. 

 

Dinas Kesehatan Surabaya pun geger dengan temuan tersebut. Produk minuman AO tersebut berwarna kuning oranye.

 

Dinas Kesehatan Surabaya bergegas mengambil sikap. Kali pertama, Dinas Kesehatan Surabaya mengetahui AO beredar melalui WhatsApp. Berdasar Undang-Undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan pasal 91 (ayat) 1 berbunyi dalam hal pengawasan keamanan, mutu, dan gizi, setiap pangan olahan yang dibuat di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran, pelaku usaha pangan wajib memiliki izin edar. Sementara, AO tidak memiliki izin edar.

 

Dinas Kesehatan Surabaya menyatakan, produk tersebut bukan merupakan produk Orang Tua Grup. Hasil koordinasi dan konfirmasi dengan BPOM di Surabaya, produk tersebut diedarkan dan dipromosikan di media sosial oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat

 

”Dalam hal ini, pihak dari produsen Orang Tua Group telah melaporkan ke BPOM di Semarang dan oknum yang menjadi sumber pemalsuan produk juga sudah diproses secara hukum di kepolisian,” kata Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Nanik Sukristina.

 

Hasil konfirmasi dengan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan untuk menanyakan kepada distributor minuman beralkohol merek Orang Tua menyatakan bahwa produk minuman beralkohol Asli Otentik bukan produk yang didistribusikan. Sesuai hasil investigasi di lapangan, tidak ditemukan peredaran produk tersebut.

 

Sumber: