5 Jenis Tanaman ini Sering Dikonsumsi Manusia Ternyata Mengandung Sianida

5 Jenis Tanaman ini Sering Dikonsumsi Manusia Ternyata Mengandung Sianida

Biji Aprikot--

5 Jenis Tanaman ini Sering Dikonsumsi Manusia Ternyata Mengandung Sianida 

oganilir.co - Sianida adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada sekelompok senyawa kimia yang mengandung ion sianida (CN-). Ion sianida adalah anion yang terdiri dari satu atom karbon (C) yang terikat dengan satu atom nitrogen (N) dengan ikatan tiga elektron (C≡N-).

Sianida biasanya beracun bagi manusia dan banyak makhluk lainnya karena dapat mengganggu proses biokimia penting dalam tubuh, terutama dengan menghambat sistem transportasi oksigen dalam sel-sel tubuh. 

Sianida dapat ditemukan secara alami dalam beberapa tanaman dan biji, seperti biji aprikot dan umbi tapioka, atau dalam berbagai senyawa kimia yang digunakan dalam industri, seperti sianida hidrogen (HCN) yang digunakan dalam pengolahan logam dan zat kimia lainnya.

Paparan sianida yang berlebihan dapat sangat berbahaya atau bahkan fatal. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam menangani senyawa sianida, baik dalam penggunaan industri maupun jika ada potensi paparan dalam makanan atau lingkungan.

BACA JUGA:Maraknya Kasus Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa, Psikolog Ungkap Alasannya

Tanaman yang mengandung sianida atau senyawa sianogenik biasanya dapat menjadi beracun jika dikonsumsi. 

Glikosida sianogenik ini adalah senyawa yang mengandung gugus sianida dan dapat dilepaskan sebagai sianida hydrogen (HCN) ketika tanaman ini dihancurkan atau diolah.

Beberapa contoh tanaman yang mengandung sianida atau senyawa yang dapat menghasilkan sianida yang dilansir dari berbagai sumber antara lain: 

1. Singkong (Tapioka)

Singkong mengandung glikosida sianogenik, seperti linamarin dan lotaustralin, yang dapat menghasilkan sianida jika tidak diolah dengan benar.

Oleh karena itu, singkong harus dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan sebagian besar sianidanya.

BACA JUGA:Minuman Sachet Mengandung Alkohol Beredar di Surabaya, Dinkes Langsung Bertindak

2. Biji Aprikot

Sumber: