Angin Kencang di Banyuasin, 1 Rumah Rusak Sedang

Angin Kencang di Banyuasin, 1 Rumah Rusak Sedang

Rumah Askuri yang diterjang angin kencang, Senin 23 Oktober 2023 sore. foto: istimewa--

Angin Kencang di Banyuasin, 1 Rumah Rusak Sedang

BANYUASIN, oganilir.co - Angin kencang disertai hujan Senin 23 Oktober 2023 sore kembali menyebabkan satu rumah mengalami kerusakan sedang di Desa Daya Makmur, Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin. 

"Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa sama sekali, hanya saja Askuri dan penghuni rumah lainnya mengalami shock atas peristiwa tersebut."Hanya satu rumah (rusak)," kata Camat Muara Padang, Parlin Munandar, Selasa 24 Oktober 2023. 

Nantinya kerusakan rumah itu sendiri akan segera diperbaiki oleh pemerintah kecamatan, pemerintah Desa setempat dibantu juga oleh masyarakat. "Bergotong royong kita perbaiki," jelasnya.

Kerusakan rumah itu sendiri terjadi Senin sore, karena saat itu kondisi cuaca hujan disertai angin kencang. Sementara itu, Askuri, pemilik rumah mengatakan bagian atap rumah rusak setelah di sapu angin kencang saat hujan lebat turun. "Rusak bagian atap," ucapnya.

BACA JUGA:Diterjang Angin Kencang 20 Rumah Mengalami Rusak Ringin

Selain itu angin kencang disertai hujan juga menyebabkan pohon roboh dan patah, serta spanduk di depan kantor desa ikut roboh. "Mungkin masih banyak rumah yang rusak, tetapi tidak terpantau saja," kata Askuri. 

Dia berharap kepada pemerintah agar dapat memberikan bantuan, karena dirinya termasuk dari keluarga yang kurang mampu. "Saya hanya petani upahan, dengan mengelola lahan orang lain. Mudah mudahan ada bantuan, "imbuhnya.

Sebelumnya sebanyak 20 rumah alami kerusakan usai diterjang angin kencang di Desa Salek Agung Kecamatan Air Salek, Rabu (18/10) lalu. Dalam kejadian itu sendiri, tidak ada korban jiwa sama sekali. Hanya saja kerugian material, setelah beberapa rumah alami kerusakan ringan saja.

"Kita himbau masyarakat untuk waspada, dan siaga, " kata Alpian Kepala BPBD Banyuasin. Karena untuk sementara ini di Banyuasin masih ada beberapa kecamatan yang terdeteksi titik api beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Penemuan Cek Rp2 Triliun di Rumah Dinas Mentan, ini Kata PPATK

"Jika hujan sudah merata, kita akan ubah status menjadi siaga banjir dan angin kencang/puting beliung," tukasnya.

 

Sumber: