Ini Cara Pejuang Hamas Lumpuhkan Tank Israel

Ini Cara Pejuang  Hamas Lumpuhkan Tank Israel

Tank Merkava Israel.--

Ini Cara Pejuang  Hamas Lumpuhkan Tank Israel

GAZA, oganilir.co - Serangan darat Israel yang memasuki jalur Gaza disikapi Pejuang Hamas dengan melakukan perang gerilya. Tank Merkava milik Israel Defence Forces (IDF) yang digadang-gadang memiliki kemampuan canggih, berhasil dilumpuhkan.

Dalam sebuah video, Pejuang  Hamas pada 2 November yang menunjukkan bagaimana organisasi militan itu melakukan penyergapan terampil terhadap tank yang dianggap amat canggih itu.

Militer Israel mengumumkan kemajuan pasukannya ke Gaza, didukung kekuatan udara dan angkatan laut. Namun, analis militer yang paham geografi Gaza menekankan bahwa untuk menggulingkan Hamas, militer Israel harus berperang di labirin perkotaan padat penduduk dan jaringan terowongan luas yang digunakan Hamas untuk menyergap pasukan.

Saat tank mendekat, pejuang Hamas itu memasang bahan peledak IED di lambung tank yang berdekatan dengan bagian belakang menara tank. Ia lalu berlari kembali ke pintu masuk terowongan, dan menembakkan senjata yang diklaim Hamas sebagai Al-Yassin-105.

BACA JUGA:Perang Israel Vs Hamas Makin Memanas, 3 Negara ini Kirim Kapal Perang ke Timur Tengah

Strategi tersebut digunakan Pejuang Hamas menyergap tank-tank Israel dan menghancurkannya. Ada nyala api terang di tangki setelah RPG ditembakkan. Tidak diketahui apakah rudal atau bahan peledak IED yang ditempatkan di tangki yang menyebabkan ledakan tersebut.

Pejuang Hamas itu setelah beraksi terlihat bergegas kembali ke terowongan tempat persembunyiannya.

Saat penyergapan selesai dan tank berhasil diledakkan, salah satu pejuang Hamas terlihat mengambil benda logam, yang mungkin merupakan bagian dari tank. Belum jelas apakah tank tersebut hancur atau rusak parah.

Tak lama setelah serangan itu, Hamas memposting di Telegram bahwa tank tersebut telah dihancurkan. Tingkat kerusakannya masih belum diketahui karena tidak ada gambar tank yang rusak atau rusak yang muncul.

 

Sumber: