Mahasiswa IPB University ini Dapat Beasiswa Double Degree di Hokkaido University Jepang

Mahasiswa IPB University ini Dapat Beasiswa Double Degree di Hokkaido University Jepang

Rika Zahera.--

Mahasiswa IPB University ini Dapat Beasiswa Double Degree di Hokkaido University Jepang

JAKARTA, oganilir.co - Salah satu mahasiswa IPB University Riza Zahera sangat beruntung. Betapa tidak, Riza Zahera yang merupakan mahasiswa program doktor dari program studi Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP) Sekolah Pascasarjana (Sps) IPB University mendapat beasiswa Double Degree (DD) dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Saat ini Rika juga kuliah di Course Biosciences, Animal Function and Nutrition Laboratory, Graduate School of Agriculture, Hokkaido University, Jepang.

Untuk mendaftar beasiswa tersebut dua perguruan tinggi tersebut harus memiliki bukti kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU). Saat ini, SPs IPB University memiliki kerjasama dengan Graduate School of Agriculture Hokkaido University.

Mulai Studi di bulan Oktober 2023

BACA JUGA:Diduga Sering Alami Pelecehan Oleh Senior, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Lapor Polisi

Rika Zahera mengatakan bahwa ada beberapa langkah yang dilaluinya kala mendaftar beasiswa ini. Seperti melakukan ujian penerimaan melalui wawancara secara daring dan mendaftar sebagai mahasiswa di Hokkaido University.

Selama masa pendaftaran, dia harus memastikan bila beasiswa yang didapatkannya ini bisa mencakupi seluruh biaya hidup selama studi di Jepang. Selama proses interview, Rika juga harus mendapat persetujuan dari supervisornya di Hokkaido University yakni Prof Satoshi Koike.

"Saya harus memastikan program beasiswa yang didapatkan ini dapat mencukupi biaya hidup selama studi di Hokkaido University serta mendapatkan persetujuan Prof Satoshi Koike sebagai supervisor saya di Hokkaido University yang memulai studi di bulan Oktober 2023," kata Rika dikutip dari rilis di laman resmi IPB University, Selasa 7 November 2023.

BACA JUGA:Catalyst Program, FE Unsri Bekali Mahasiswa Program Doktor

Rika Zahaera berharap agar dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik dan tepat waktu. Apalagi kini, ia harus melalui penelitian dengan dua topik yang berbeda di dua kampus yang berbeda.

Meski begitu, Rika mengaku ini adalah langkah yang baik untuk menambah pengalaman. Ia juga memiliki peluang kolaborasi internasional di bidang riset dan akademik.

"Dengan mengikuti program DD ini dapat menambah pengalaman, baik dengan dosen maupun mahasiswa di Hokkaido University, sehingga dapat membangun peluang kolaborasi internasional nantinya, terutama di bidang riset dan akademik," jelas Rika.

Rika berpesan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke program yang serupa. Menurutnya perlu komitmen yang kuat, perencanaan matang, dan bekerja keras.

Sumber: