Catat, ini Nama Provinsi Lolos PON XXI 2024 Aceh-Sumut Cabor Tenis Meja

Catat, ini Nama Provinsi Lolos PON XXI 2024 Aceh-Sumut Cabor Tenis Meja

Peter Layardi Lay (dua dari kanan belakang) bersama petenis meja Pelatnas putri U-15. foto: istimewa--

Catat, ini Nama Provinsi Lolos PON XXI 2024 Aceh-Sumut Cabor Tenis Meja

JAKARTA, oganilir.co - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akan digelar pada September 2024 tahun depan. Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) sudah melakukan seleksi kualifikasi Pra PON pada Agustus 2023 lalu di Jakarta.

Ketua Umum PB PTMSI Peter Layardi Lay menuturkan bahwa hasil seleksi kualifikasi Pra PON pada Agustus 2023 lalu di Jakarta, peserta PON XXI Aceh-Sumut 2024 diikuti 16 provinsi beregu putra dan 16 provinsi beregu putri. Peserta putra terdiri dari Jawa Barat, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Bali, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Banten, Lampung, Gorontalo, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Barat. 

Sedangkan beregu putri terdiri dari DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Banten, Riau, Lampung, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. 

BACA JUGA:Ini 3 Petenis Meja Nasional yang Pernah Bermain di Liga Swedia

"Komposisi peserta beregu putra dan putri sama, 16 provinsi," kata Peter Layardi saat dihubungi oganilir.co (SUMEKS.CO Grup), Kamis 9 November 2023.

Cabor tenis meja sendiri, lanjut Peter, akan digelar di Medan, Sumatera Utara. Hanya saja nama GOR atau venue belum diketahui. Rencananya pekan depan tim PB PTMSI akan berkunjung ke Medan untuk memastikan GOR yang akan digunakan cabor tenis meja PON XXI Aceh-Sumut 2023.

"Kita akan cek venue yang cocok untuk cabor tenis meja," ujarnya.

Khusus beregu, tambah Peter, panitia akan memberlakukan sistem pertandingan setengah kompetisi dalam pool di babak penyisihan. Karena peserta yang lolos PON XXI Aceh-Sumut 2024 berjumlah 16 provinsi, maka satu pool atau grup akan berisi empat peserta atau provinsi. Skemanya akan diambil juara dan runner up grup.

"Keluar dari babak penyisihan, langsung perempat final," terangnya.

BACA JUGA:Ini Juara Turnamen Tenis Meja Sumbar Open 2023

Masih kata Peter Layardi, pada 20-25 November mendatang akan ada Kejurnas Tenis Meja di Merauke, Papua Selatan. Hasil Kejurnas di Merauke itu akan menjadi acuan dalam menentukan seeded di nomor perorangan. Apakah itu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, atau ganda campuran.

"Nomor beregu acuan seedednya hasil kualifikasi PON di Jakarta lalu," pungkasnya.

Berikut Nama Provinsi Beregu Putra Lolos PON XXI Aceh-Sumut 2024:

Sumber: