Baliho Caleg Muratara Roboh Diterjang Angin Kencang

Baliho Caleg Muratara Roboh Diterjang Angin Kencang

Baliho Caleg di Muratara tertiup angin--

Baliho Caleg Muratara Roboh Diterjang Angin Kencang 

MURATARA, oganilir.co - Belum diturunkan petugas pengawas Pemilu, sejumlah atribut kampanye Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Muratara, malah justru ditertibkan angin kencang.

Sejumlah baliho ukuran sedang maupun raksasa, Kamis 9 November 2023 sekitar pukul 11.00 WIB, banyak di dapati robek dan bertumbangan di sisi jalan lintas Sumatera (Jalinsum).

Meski disejumlah wilayah tetangga seperti Kabupaten Musi Rawas maupun Kota Lubuklinggau, sudah melakukan penertiban sejumlah baliho di sepanjang jalan protokol, namun kondisi itu belum terjadi di wilayah Kabupaten Muratara.

Izhar warga Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, saat dibincangi menuturkan. Saat ini banyak baliho baliho caleg DPR RI, DPRD Sumsel, maupun DPRD Kabupaten Muratara, justru tumbang dihantam angin kencang.

BACA JUGA:Warga Minta Suban Kembali ke Muratara

Menurutnya, kondisi itu terjadi sejak satu pekan terakhir, saat wilayah Muratara memasuki peralihan musim. "Banyak nian baliho baliho itu yang tumbang, ado yang koyak diterjang angin. Kemaren di Muratara lagi banyak musim angin kencang," katanya.

Dia mengaku, keberadaan sejumlah atribut kampanye itu sudah terlalu banyak dan kadang menumpuk di satu tempat. Ukuranya juga beragam, mulai dari ukuran mini yang di paku di pohon pelindung, ukuran sedang hingga baliho ukuran raksasa yang menghadang pemandangan jalan.

"Tempat lain di linggau-Musi Rawas, sudah ditertibkan Bawaslu cuma di Muratara, Baliho yang ditertibkan angin kencang," timpalnya. Meski banyak baliho caleg yang bertumbangan akibat diterjang angin kencang, namun masih banyak baliho yang kembali diperbaiki oleh pemiliknya.

Pihaknya berharap, sejumlah petugas pengawas Pemilu di Muratara, agar menerapkan aturan sama dengan petugas pengawas pemilu di wilayah tetangga. "Kalau di perempatan atau pertiga jalan numpuk baliho, pasti ganggu ketertiban umum jugo. Ado di satu titik sampai 15-16 baliho di pasang, mirip iklan obral diskon," timpalnya.

BACA JUGA:Bupati Muratara Buka Lahan Tidur Secara Gratis Guna Kembangkan Pertanian

Sementara itu, komisioner Bawaslu Muratara, Farlin Ardian saat dikonfirmasi membenarkan jika hingga saat ini pihaknya belum melakukan penertiban terhadap sejumlah Baliho kampanye di sepanjang Jalan Protokol di Muratara.

"Kami sudah memberikan waktu tenggat terhadap seluruh Parpol agar menertibkan baliho kampanye Caleg mereka masing masing. Jika tidak ditertibkan kami akan menurunkan secara paksa," timpalnya.

Menurutnya, penurunan baliho kampanye secara paksa oleh petugas Bawaslu Muratara, akan dilakukan Jumat (10/11) 2023, sesuai masa tengat waktu yang diberitahukan. Namun pihaknya juga membenarkan, jika sebelum penurunan baliho yang dilakukan petugas Bawaslu, memang sudah banyak baliho Caleg yang tumbang diterjang angin.

Sumber: