Sah, FIFA Buka Kantor di Indonesia Sebagai Pusat Kawasan Asia

Sah, FIFA Buka Kantor di Indonesia Sebagai Pusat Kawasan Asia

Jokowi bersama Giovanni Vincenzo Infantino.--

Sah, FIFA Buka Kantor di Indonesia Sebagai Pusat Kawasan Asia

JAKARTA, oganilir.co - Hubungan baik Indonesia dengan Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA dilakukan dengan mendirikan kantor organisasi sepak bola dunia itu di Jakarta, Indonesia. 

Peresmian kantor FIFA di Jakarta itu dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo, Jumat 10 November 2023 siang. Kantor FIFA di Jakarta itu menjadi pusat untuk kawasan Asia.

Dalam sambutannya, Joko Widodo menegaskan kesungguhan Indonesia dalam melakukan transformasi sepak bola di dalam negeri.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI pada Jumat 10 November 2023, Jokowi menjelaskan bahwa pembicaraan mengenai komitmen untuk memulai perubahan dalam sepak bola Indonesia telah mendapat dukungan penuh dari Presiden FIFA Giovanni Vincenzo Infantino.

BACA JUGA:FIFA Matchday, AS Kalah Atas Jerman 1-3

Jokowi berharap dengan adanya kantor FIFA di Jakarta, federasi tersebut dapat mendampingi Indonesia dalam proses transformasi sepak bola. Hal utama yang difokuskan adalah mengenai peningkatan manajemen pertandingan, tata kelola keamanan, dan tata kelola perwasitan.

“Semua akan mendapatkan dukungan dan bimbingan dari FIFA dan saya yakin ini adalah awal dari era baru sepak bola Indonesia,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung serta memfasilitasi FIFA untuk meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola Indonesia. Indonesia siap bekerja sama dalam pengembangan infrastruktur olahraga yang memadai, pelatihan, pendidikan, dan pengembangan bakat-bakat muda sepak bola.

Selain itu, Indonesia bersedia memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dengan komunitas sepak bola dunia.

BACA JUGA:Amankan Timnas Piala Dunia U-17 di Jakarta, Polda Metro Jaya Kerahkan 2.348 Personel

Seiring dengan perbaikan tata kelola dan manajemen sepak bola yang didukung oleh FIFA, Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia juga telah memperbaiki tata kelola perwasitan dan melakukan revitalisasi pada 30 stadion sepak bola.

Selain pembukaan kantor yang berlokasi di Menara Mandiri II, Jakarta ini, FIFA juga merencanakan pembangunan pusat pelatihan nasional di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pusat pelatihan tersebut akan berdiri di lahan seluas 34,5 hektare dengan pendanaan sebesar Rp85,6 miliar dari FIFA Forward dan Rp95 miliar dari APBN RI.

Sumber: