Satu Rumah Warga di Muratara Hangus Terbakar

Satu Rumah Warga di Muratara Hangus Terbakar

Rumah warga terbakar --

Satu Rumah Warga di Muratara Hangus Terbakar 

MURATARA, oganilir.co - Masyarakat Desa Sukaraja, Kecamatan Karang jaya, Kabupaten Muratara, Provinsi Sumsel, digegerkan dengan insident terbakarnya rumah warga. Rumah panggung dua lantai itu, milik Idris (70), yang berhasil selamat. Kejadian berlangsung, Minggu 12 Oktober 2023sekitar pukul 14.20 WIB.

Informasi dihimpun, awalnya suasana di desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, sangat aman, damai dan tanpa gejolak aktivitas warga yang rata rata merupakan petani. Biasanya saat siang hari, suasana permukiman di desa ini memang nampak sepi karena warga banyak beraktivitas di dalam berkebun.

Idris tinggal bersama Anaknya yakni Ardi di rumah panggung dua lantai yang terbuat 80 persen dari kayu. Saat kejadian korban tengah istirahat di dalam rumah.

Awalnya warga yang melintas melihat kepulan asap keluar dari atas bangunan ber cat hijau putih itu. Bagian atas rumah dihuni oleh keluarga Idris, sedangkan di bagian bawah di jadikan sebagai garasi kendaraan.

BACA JUGA:Si Jago Merah Mengamuk di Lubuklinggau, Rumah-Bedeng Hangus

Kepulan asap putih itu mendadak berubah warna hitam dan menjadi api. Warga langsung berteriak dan meminta pertolongan dan pemilik rumah diminta segera keluar.

Pria yang sudah lanjut usia itu terpaksa dibantu warga menyelamatkan diri. Teriakan 'Kebakaran, Kebakaran, Kebakaran' sontak menjadi sinyal pengumpul masa. 

Warga berduyun duyun mendatangi lokasi kejadian, lalu berusaha membantu menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api. Kades Sukaraja, Apandi saat dikonfirmasi menuturkan, ember, gayung selang kompresor dikerahkan warga untuk memadamkan api.

Namun sayang, karena api berkobar diatas atap rumah, membuat jangkauan siraman air dari warga tak mengenainya. Api itu dalam waktu singkat, berkobar semakin marah dan menghanguskan seluruh bagian rumah.

BACA JUGA:Api Hanguskan Rumah Panggung Milik Fahrizal

"Tidak ada harta benda milik korban yang selamat, semua habis terbakar, . Tapi allhamdulillah korban berhasil di evakuasi warga dan tidak menimbulkan korban jiwa," ungkap kades Sukaraja.

Pemdes setempat setempat menghubungi damkar Muratara, satu unit Damkar ikut membantu memadamkn api. Namun karena jarak tempuh membuat Damkar sedikit terlambat.

"Saat ini api sudah padam sekitar pukul 16.00 WIB, api sudah mati total. Dan dari kejadian ini hanya satu rumah warga yang terbakar," tutupnya.

Sumber: