Ternyata, Hotel Paling Ramping di Dunia itu Ada di Indonesia, ini Lokasinya

Ternyata, Hotel Paling Ramping di Dunia itu Ada di Indonesia, ini Lokasinya

Hotel PituRooms yang terletak di bawah kaki Gunung Merbabu, Kota Salatiga, Jawa Tengah. foto: istimewa--

Ternyata, Hotel Paling Ramping di Dunia itu Ada di Indonesia, ini Lokasinya

SALATIGA, oganilir.co - Bangunan gedung hotel biasanya identik dengan ukurannya yang panjang dan lebar sampai puluhan meter. Tetapi hotel paling ramping di dunia ternyata ada di Indonesia. Tepatnya di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Saking rampingnya bangunan gedung hotel yang terletak di bawah  kaki Gunung Merbabu itu, lebarnya hanya 2,8 meter. Penasaran nama hotel ramping itu? Hotel paling ramping itu bernama PituRooms yang dibangun oleh studio arsitek Sahabat Selojene.

Disebut sebagai "hotel paling ramping" oleh Sahabat Selojene, PituRooms lokasinya berada di samping gang dan sebuah rumah. Lebar bangunannya hanya 2,8 meter, tinggi 17 meter, dan panjang 9,5 meter. Founder Sahabat Selojene, Ary Indra mengambil tantangan untuk merancang dan mengoperasikan hotel tersebut untuk mendemonstrasikan "keterbatasan dapat diubah menjadi potensi".

BACA JUGA:Jelang Sertijab, Hakim PN Batam Meninggal di Hotel

Indra mengatakan bahwa tantangan terbesar dari pembangunan PituRooms adalah mindset bahwa industri perhotelan identik dengan kata-kata 'terbesar', 'tertinggi', 'termewah'. Hal itu menjadi tantangan bagi dirinya untuk membangun hotel dengan keterbatasan lahan. 

"Di sini, kita paling ramping (bangunannya)," kata Indra dikutip dari Dezeen, Jumat 17 November 2023.

"Kami berusaha keras untuk mengubah keterbatasan ini menjadi titik penjualan terkuat, bahwa ini merupakan studi yang dibangun pada ruang terbatas dan para tamu dapat merasakan kemungkinan tinggal dan melakukan gerakan mereka di ruangan yang 'cukup'," ujarnya.

Media asing seperti CNN dan Dezeen menyebut ini adalah hotel paling ramping di dunia.

BACA JUGA:Anggota Satlantas Polres Cilegon Selingkuhi Istri Teman Seprofesi, Digerebek di Hotel

Indra mengungkapkan, sejauh ini reaksi yang diterima dari para tamu adalah mereka takjub dari seberapa kecil ruangan yang dibutuhkan untuk hidup dan bergerak dengan nyaman.

Adapun, setiap kamarnya berukuran 2,8 × 3 meter dengan tinggi 2,4 meter. Di dalamnya ada tempat tidur double bed dan kamar mandi lengkap dengan shower dan toilet.

Karya seni khusus dan palet warna memberikan karakter berbeda pada setiap kamar tidur dan masing-masing memiliki dua jendela persegi yang membingkai sekelilingnya. Pada setiap lantainya dihubungkan dengan tangga yang terbuat dari baja.

Sebagai informasi, hotel ini terdiri dari 5 lantai dan ada 7 kamar tidur. Di lantai paling atas, terdapat bar dan restoran yang memberikan pemandangan kota untuk para tamu.

Sumber: