Huawei-Alibaba Group Bersekutu Tinggalkan Android, Bisakah Terwujud?

Huawei-Alibaba Group Bersekutu Tinggalkan Android, Bisakah Terwujud?

Smartphone Huawei.--

Huawei-Alibaba Group Bersekutu Tinggalkan Android, Bisakah Terwujud? 

oganilir.co - Perusahaan smartphone Huawei akan bekerja sama dengan Alibaba Group dalam mengembangkan versi asli dari aplikasi DingTalk untuk digunakan pada HarmonyOS Huawei Technologies. Ya, DingTalk merupakan platform komunikasi dan kerja yang menjadi sarana kolaboratif saat Asian Games 2022 di Tiongkok. Aplikasi ini memiliki banyak layanan, mulai dari penyuntingan dokumen, rapat online, hingga penerjemah bahasa.

Dilansir dari Gizmochina, Sabtu 25 November 2023, langkah ini menjadi tonggak penting dalam upaya Huawei untuk mengurangi ketergantungannya pada Android Google di tengah sanksi yang masih berlanjut dari Amerika Serikat (AS).

Sejak 2019 Huawei mulai memperkenalkan HarmonyOS sebagai alternatif untuk Android. Langkah ini diambil sebagai tanggapan atas dibatasinya akses terhadap perangkat lunak dan teknologi asal Amerika. HarmonyOS mencerminkan tekad Huawei untuk membangun ekosistem yang mandiri sebagai respons terhadap tantangan-tantangan tersebut.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Terbaru Huawei Mate 50 Pro, Layar OLED dengan Kualitas Kamera Bisa Zoom 200x

Tak hanya aplikasi Kerja sama yang dijalin Alibaba dan Huawei dalam pengembangan teknologi smartphone. Dua perusahaan asal China tersebut berencana untuk berkolaborasi dalam inovasi industri, penerapan teknologi, dan pertumbuhan bisnis. Kerja sama ini menjadi bagian dari strategi Alibaba yang lebih luas untuk mendorong pertumbuhan di masa depan melalui digitalisasi dan teknologi cerdas, dengan DingTalk memegang peran kunci dalam perencanaan ini.

Langkah Huawei untuk berhenti mendukung Android pada versi HarmonyOS mendatang juga menekankan komitmen perusahaan ini terhadap jalur yang baru. Keputusan ini datang seiring dengan sukses peluncuran Huawei Mate 60 Pro, smartphone 5G pertama dari perusahaan sejak tahun 2020, yang berhasil mencatatkan peningkatan signifikan dalam penjualan.

 

Sumber: