Ini Tips Makan Durian Aman Agar Darah Tinggi tak Kumat

Ini Tips Makan Durian Aman Agar Darah Tinggi tak Kumat

Pengurus DPP IKA Alumni FH Unsri mengonsumsi durian usai pengukuhan di kampus Indralaya, Sabtu 25 November 2023. foto: istimewa--

Ini Tips Makan Durian Aman Agar Darah Tinggi tak Kumat

oganilir.co - Jika diperingkat, mungkin durian adalah buah paling  enak dan legit di dunia. Makan durian siapa yang tidak suka. Terlebih durian yang dimakan itu manis dan legit.

Namun bagi Anda yang memiliki riwayat darah tinggi, harus hati-hati bila makan durian. Karena buah berduri tetapi di dalamnya manis itu bisa memicu darah tinggi jika makan dalam jumlah banyak atau berlebih. 

Menurut kepercayaan atau keyakinan masyarakat Indonesia, ada dua cara aman mengonsumsi durian agar tidak memicu darah tinggi. 

Cara pertama mungkin Anda sudah kenal. Yakni memakan durian dalam jumlah wajar dan diakhiri dengan minum air putih yang dimasukkan dalam kulit bekas kupasan durian itu.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Durian Bagi kesehatan, Nomor 2 Pria Wajib Baca

Cara ini sudah sering banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki riwayat darah tinggi atau untuk mencegah darah tinggi setelah mengonsumsi durian. Air putih yang dimasukkan ke dalam kulit durian bagian dalam tidak perlu banyak. Cukup setengah gelas air.

Masyarakat meyakini jika hal itu dilakukan, orang yang mengonsumsi durian, tekanan darahnya tidak akan naik. 

Cara kedua yang mungkin tidak banyak diketahui banyak orang adalah mengonsumsi durian diawali dengan mencicip buah kemang. Ya, buah kemang yang sering dijadikan bahan membuat sambal diyakini masyarakat Indonesia bisa menaklukkan buah berduri tersebut dan "melindungi" orang yang mengonsumsinya.

Caranya, Anda yang akan mengonsumsi durian, terlebih dahulu harus mencicip kemang walaupun hanya seujung kuku. Setelah itu barulah mengonsumsi durian. Durian memang "takluk" dengan kemang.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Dana Zakat, Jaksa Sita Kebun Durian Milik Mantan Bendahara Baznas Bengkulu Selatan

Pedagang durian antarkota atau antarprovinsi selalu khawatir jika ada kemang yang dimasukkan orang jahil ke dalam tumpukan durian. Karena dipastikan seluruh buah berduri itu akan merekah kulitnya di bagian bawah. Kerugian besar akan dialami pedagang jika hal itu terjadi. 

Lidia, salah satu warga asal Sumatera Utara menuturkan bahwa jika seseorang akan mengonsumsi durian tetapi khawatir tekanan darah naik, sebaiknya mencicip kemang terlebih dahulu. Walaupun hanya seujung kuku.

"Masyarakat Medan (Sumut) percaya jika mencicip kemang  sebelum makan durian tidak akan menyebabkan darah tinggi," kata Lidia.

Sumber: