Umat Muslim Wajib Tahu Hukum Membaca Doa Qunut dan Manfaatnya

Minggu 24-12-2023,08:11 WIB
Editor : Dendi Romi

Umat Muslim Wajib Tahu Hukum Membaca Doa Qunut dan Manfaatnya

oganilir.co - Umat muslim yang melaksanakan Salat Subuh, ada membaca atau menggunakan Doa Qunut dan ada juga yang tidak. Apa hukum membaca doa qunut saat Salat Subuh? Berikut penjelasan dan mafaatnya. 

Qunut diambil dari bahasa arab qonata yang berarti taat atau tunduk patuh. Hal ini tertuang dalam Surat Ar-Rum ayat 26 yang berbunyi sebagai berikut: 

Wa lahu man fis-samawati wal-ara, kullul lahu qanitun

Artinya: “Dan kepunyaan-Nya lah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk,” 

Lalu, apa hukum doa qunut subuh? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai hukum membaca qunut subuh lengkap dengan bacaan latin, arti, cara membaca, dan manfaatnya.

BACA JUGA:Salat Sunnah Tasbih Dianjurkan Sekali Seumur Hidup, ini Keutamaannya

Hukum Membaca Qunut Subuh

Hukum doa qunut subuh ini menurut Madzhab Syafi'i dan Maliki adalah sunnah. Hal ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad yang bunyinya sebagai berikut:

“Nabi Muhammad senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia,” 

Hanya saja, untuk madzhab Maliki, qunut subuh dilakukan sebelum ruku’. Jika lupa membacanya, tidak dianjurkan melakukan sujud sahwi Sedangkan menurut madzhab Syafi’i, dilakukan usai ruku. Jika lupa membacanya, dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi.

Namun menurut mazhab Hanafi dan Hambali, doa qunut subuh tidak dianjurkan. Hal ini sesuai dengan hadist Rasululluah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim yang berbunyi sebagai berikut:

BACA JUGA:5 Manfaat Salat Taubat, Salah Satunya Menghindari Siksa Kubur

“Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat sholat fajar (sholat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum”. 

Bacaan Qunut Subuh Latin Dan Artinya

Kategori :