Warga Protes Pembebasan Lahan Tol Belum Terima Sertifikat, ini Jawaban Kantor Pertanahan OKI

Warga Protes Pembebasan Lahan Tol Belum Terima Sertifikat, ini Jawaban Kantor Pertanahan OKI

R Rizka Mardia.--

Warga Protes Pembebasan Lahan Tol Belum Terima Sertifikat, ini Jawaban Kantor Pertanahan OKI

KAYUAGUNG - Sempat ramai di Instagram warga yang terkena pembebasan lahan tol tapi belum menerima sertifikat saat pembebasan lahan tol Pematang Panggang Kayuagung 2017 lalu yang belum dikembalikan, Kantor Pertanahan OKI meminta warga membuat surat ke kantornya.

Warganet mempertanyakan sertifikat pembebasan lahan tol warga Desa Sedyo Mulyo, Gedung Rejo, Kemang Indah Kecamatan Mesuji Raya. Karena sudah enam tahun bahkan ada yang mempertanyakan memang bisa sampai selama itu sertifikat belum dikembalikan?

Kepala Kantor Pertanahan OKI, Joni Efendi SH MM melalui Kasubag TU, R Rizka Mardia mengatakan, pihaknya sudah melihat soal ini di Instagram bahkan di DM. Silahkan bersurat ke BPN  OKI. "Kami akan bantu tuliskan juga nomor sertifikatnya," kata Rizka, Selasa 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Serambe Banyuasin Terima Sertifikat Warisan Budaya dari Pemprov Sumsel

Rizka menambahkan, syarat utamanya KTP asli dan tanda terima berkas saat memberikan sertifikat saat itu. Hanya sampai sekarang belum ada yang membuat laporan ataupun bersurat secara resmi. Pihaknya juga menunggu karena tidak bisa sembarang memberikan sertifikat bahkan meski ada kades yang menanyakan sertifikat itu juga tidak akan diberikan.

Pastinya sertifikat yang memang belum diberikan ini dijamin keamanannya tidak mungkin hilang. Jika lengkap ada nomor sertifikat dan tanda terima saat itu diserahkan pasti tersimpan dengan baik. Karena untuk menghindari sertifikat ini disalahgunakan jadi harus pemilik sertifikat langsung ke Kantor Pertanahan OKI.

"Kalau memang yang bersangkutan disabilitas akan kami antarkan langsung," tandasnya.

Sumber: