Ini 4 Keutamaan Puasa Arafah, Selain Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

Ini 4 Keutamaan Puasa Arafah, Selain Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

--

2. Dicintai Allah SWT

Yang tertuang dalam hadis dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'anhuma, Nabi Muhammad SAW bersabda:

BACA JUGA:Tips Puasa Sehat, Makan Sahur dan Buka Jangan Berlebihan

"Tidak ada hari di mana amal salih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu: sepuluh hari dari bulan Zulhijah. Mereka bertanya: ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun". (HR. Imam Bukhori).

3. Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

Keutamaan menjalankan puasa sunah Arafah yang lainnya yakni dijauhkan dari siksa api neraka. Sesuai yang tertera pada hadis berikut ini. Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

Artinya: Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata: 'Apa yang mereka inginkan?. (HR Muslim).

BACA JUGA:Hukum Puasa Di Langgar Itu Boleh dan Lebih Afdhol

4. Mendapat Pahala Seperti yang Diperoleh Nabi Isa AS

Dalam hadist riwayat Abu Hurairah sebagaimana disebutkan dalam kitab Nuzhah Al-Majalis wa Muntakhab Al-Nafa-is, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari Arafah, maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala Nabi Isa alaihissalam,".

Sumber: