Catat, ini 4 Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan Tubuh

Catat, ini 4 Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan Tubuh

Daun Melinjo --

Catat, ini 4 Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan Tubuh 

oganilir.co - Melinjo merupakan tanaman yang tidak asing lagi di Indonesia. Daun melinjo biasanya banyak digunakan untuk bahan masakan, seperti sayur asem, sayur bening, hingga ke lalapan.

Daun melinjo selain murah dan mudah ditemukan ternyata daun ini memiliki segudang nutrisi esensial, termasuk protein, serat, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, Vitamin A dan magnesium.

Namun bukan lebih sekedar rasa yang nikmat saja tetapi daun melinjo juga sebagai salah satu makanan sehat lho. Bahkan daun melinjo sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini 4 manfaat daun melinjo bagi Kesehatan.

BACA JUGA:5 Manfaat Cabai Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Orang Tua Wajib Tahu

1. Menurunkan Kadar Asam Urat

Berbeda dengan bijinya yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi, bagian kulit biji dan daun melinjo justru baik untuk menurunkan asam urat. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi daun melinjo terlihat dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Meski demikian, manfaat daun melinjo sebagai obat asam urat masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Daun melinjo, kaya akan serat, dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, beberapa penelitian menyarankan bahwa daun melinjo dapat mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan metabolisme, dan membantu menjaga berat badan tetap ideal. Namun, efek ini belum sepenuhnya teruji pada manusia, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

3. Mencegah Gangguan Depresi

Daun melinjo, dengan kandungan vitamin C-nya, tidak hanya membantu menurunkan risiko stres, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Konsistensi dalam mengonsumsinya dapat menjadi kunci untuk mencegah gangguan depresi.

BACA JUGA:Wajib Tahu, ini 3 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

4. Mengobati Diare

Sumber: