Hewan ini Dikenal Antiapi, Benarkah?

Hewan ini Dikenal Antiapi, Benarkah?

Kukang.--

Hewan ini Dikenal Antiapi, Benarkah?

oganilir.co - Kukang merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Kukang jawa yang memiliki nama latin Nycticebus javanicus adalah primata Strepsirrhini dan spesies kukang asli yang menyebar di bagian barat dan tengah Pulau Jawa, Indonesia. 

Meskipun awalnya dideskripsikan sebagai spesies yang tersendiri, selama bertahun-tahun kukang jawa dianggap sebagai anak-jenis dari kukang sunda (N. coucang), sampai kemudian dilakukan kajian ulang morfologi dan genetika terhadap takson ini pada tahun 2000-an, yang mengakibatkan peningkatan statusnya sebagai spesies penuh.

Kukang jawa berkerabat dekat dengan kukang sunda dan kukang benggala (N. bengalensis). Spesies ini memiliki dua bentuk, yang dibedakan berdasarkan panjang rambut dan, pada tingkat yang lebih rendah, warna tubuhnya. Pada dahinya terdapat pola berlian keputihan yang menyolok, yang terbentuk oleh garis berwarna gelap yang berjalan di atas kepalanya dan bercabang ke arah mata dan telinga. Kukang jawa beratnya antara 565 dan 687 g dan memiliki panjang kepala-badan sekitar 293 mm. 

BACA JUGA:7 Hewan yang Memiliki Umur Pendek, Ada yang Hanya 2 Minggu

Seperti halnya semua kukang, kukang jawa bersifat arboreal dan bergerak perlahan di tanaman merambat dan liana, bukannya melompat dari pohon ke pohon. Habitatnya termasuk hutan primer dan hutan sekunder, tetapi juga dapat ditemukan di hutan bambu dan mangrove, serta di perkebunan cokelat. Makanannya umumnya terdiri dari buah, gum pohon, kadal, dan telur. 

Kukang jawa tidur di cabang terbuka, kadang-kadang dalam kelompok, namun biasanya terlihat sendirian atau berpasangan.

Kukang hidup di atas pohon. Mereka tinggal dan mencari makanan di atas pepohonan. Apabila menemukan kukang yang sedang berada di atas pohon, maka lebih baik kita membiarkannya juga sebab kukang akan pergi dengan sendirinya.

Kukang Dikenal Sebagai Hewan Antiapi

BACA JUGA:4 Hewan dengan Durasi Tidur Paling Sedikit, Hanya 3 Jam Sehari

Banyak orang di Indonesia percaya akan kekuatan mistis dari seekor kukang yang dikenal sebagai hewan antiapi. Kepercayaan masyarakat, bulu dan tubuh kukang tidak terbakar kobaran api. Sehingga tidak heran, banyak orang percaya bahwa segala organ kukang antiapi. Mulai dari bulu, rambut, kulit, tulang, hingga bagian tubuh lainnya dari kukang.

Bahkan, tulang kukang yang sudah mati akan dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai antiapi. Sebagian orang percaya dengan menyimpan bagian dari organ kukang di rumah, akan terhindar dari kebakaran. 

Konon kabarnya, perusahaan garmen menyimpan organ atau bagian tubuh kukang untuk mencegah kebakaran. Orang juga percaya jika memasak masakan dan di dalamnya dimasukkan bulu atau organ kukang, maka masakan itu tidak akan masak walaupun dijerang seharian. 

Sebagai umat muslim, kita tidak boleh percaya atas cerita-cerita tersebut. Segala sesuatu di muka bumi ini Allah SWT yang mengaturnya. 

Sumber: