Stoni-Arwana, Juara Liga Remaja Tenis Meja PB PTMSI

Stoni-Arwana, Juara Liga Remaja Tenis Meja PB PTMSI

Juara Liga Remaja Tenis Meja PB PTMSI 2023 dan panitia. foto: istimewa--

Stoni-Arwana, Juara Liga Remaja Tenis Meja PB PTMSI

JAKARTA, oganilir.co - Liga Remaja Tenis Meja U-15 telah berakhir digelar Baywalk Donic Pingpong Center, Jakarta Utara, Kamis 21 Desember 2023. 

Hasilnya? Juara beregu putra diraih PTM Stoni Jakarta, diikuti oleh PTM Nattana dan PTM Arwana Jakarta di tempat kedua dan ketiga. Sedangkan di beregu putri, juara I diraih PTM Arwana Jakarta, juara II dan III masing-masing diraih tim DKI Jakarta dan Sumatera Utara. 

Ketua Pelaksana Liga Remaja Tenis Meja U-15 Arifin Thahir mengatakan bahwa Liga Remaja Tenis Meja U-15 ini digelar tiga dalam setahun. Edisi kali ini merupakan liga tutup tahun yang digelar pada 20-21 Desember 2023. Poin dihitung sejak edisi awal tahun dan dijumlah sampai akhir tahun.

"Hasilnya, PTM Stoni Jakarta juara beregu putra dan PTM Arwana juara beregu putri," kata Arifin Thahir saat dihubungi oganilir.co, Jumat 22 Desember 2023. 

BACA JUGA:PB PTMSI Gelar Liga Remaja, ini Jadwalnya

Liga Remaja Tenis Meja U-15 ini, lanjut Arifin Thahir, merupakan turnamen triwulan PB PTMSI yang dilaksanakan per triwulan. Penentuan juara dilakukan di akhir tahun berdasarkan poin yang  dikumpulkan. PTM Stoni dan PTM Arwana yang menjadi juara ikut Liga Remaja Tenis Meja sejak seri pertama. Kalau tidak ikut seri II atau III, poin yang diraih pada seri pertama akan hilang.

"Mereka (PTM Stoni dan PTM Arwana) ikut sejak seri pertama tahun 2023," ujar Arifin Thahir. 

Sistem pertandingan? Liga Remaja Tenis Meja, jelas Arifin Thahir, formatnya menggunakan sistem swaythling. Mempertandingkan beregu tunggal. Yakni ABC vs XYZ. Pemain C dan Z tidak boleh main dua kali, hanya A dan B yang boleh bermain dua kali dalam pertandingan mencari skor 3.

"Di sinilah kejelian pelatih menurunkan pemainnya untuk menempati posisi AB dan XY," jelasnya.

BACA JUGA:Turnamen Tenis Meja Pitstop Mengenang Almarhum David Jacobs Resmi Digelar

Hadiah bagi pemenang? Arifin Thahir menyatakan bahwa pemenang Liga Remaja Tenis Meja PB PTMSI mendapat hadiah lumayan dari panitia. Yakni juara I, II, dan III masing-masing mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp30 juta, Rp20 juta, dan Rp10 juta.

"Lumayan hadiahnya," imbuhnya.

Dia mengakui bahwa peserta Liga Remaja 2023 berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini peserta Liga Remaja Tenis Meja Putra diikuti enam tim. Yakni PTM Arwana A, DKI, Sumut, PTM Nattana, PTM Stoni, dan PTM Arwana B. Di beregu putri hanya diikuti tiga tim yang terdiri dari PTM Arwana, DKI, dan Sumut. "Liga Remaja tahun sebelumnya ada dari Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan provinsi lainnya. Mungkin atas pertimbangan biaya, provinsi lain tidak ikut," pungkasnya sembari menyebut Liga Remaja Tenis Meja PB PTMSI akan digelar pada Maret 2024. 

Sumber: