Bupati Panca Dampingi Pj Gubernur Peringati HDI dan HKSN di Ogan Ilir

Bupati Panca Dampingi Pj Gubernur Peringati HDI dan HKSN di Ogan Ilir

Bupati Panca mendampingi Pj Gubernur memperingati HDI dan HKSN--

Bupati Panca Dampingi Pj Gubernur Peringati Hari Disabilitas

OGANILIR.CO- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mendampingi  Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr.  Drs. Agus Fatoni, MSi dalam acara memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023.

Acara dipusatkan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Rehabilitas Wanita Tuna Sosial, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Menurut Bupati Panca, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan keberadaan para penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Dewa 19 Bakal Meriahkan HUT ke 20 Ogan Ilir , dan Artis Ibu Kota Lainnya .

“Kita ingin menghilangkan stigma terhadap penyadang disabilitas, memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan disetiap lingkungan manapun, serta memberikan manfaat atas dasar nilai-nilai kesetiakawanan,’’kata Bupati Panca.

Oleh kerenanya, masyarakat dapat terus berbuat baik dan berbagi,”Kita harus punya semangat yang sama untuk berkeadilan dan berkesetaraan dalam melayani warga secara keseluruhan, semoga ini tidak berhenti pada perayaan peringatan hari ini saja, tapi juga aktivitas keseharian, dalam melayani juga harus kita tunjukan keadilan dan kesetaraan’’lanju Bupati Panca.

Sementara Pj  Gubernur Sumatera Selatan  Agus Fatoni bersama Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  Sumsel Tyas Fatoni, memberikan bantuan bagi para penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Peringatan Hari Ibu, Polwan Polres Ogan Ilir “Pungut Sampah”.

Momen pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas tersebut merupakan rangkaian peringatan HDI dan HKSN tingkat  Provinsi Sumatera Selatan  Tahun 2023.

Adapun bantuan yang diberikan kali ini diperuntukan bagi 972 Kader Pembangunan Manusia (KPM) dengan rincian  666 penerima bantuan usaha ekonomi produktif bagi keluarga penyandang disabilitas, serta  306 penerima bantuan alat bantu penyandang disabilitas. 

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan, Pemprov  Sumsel melalui Dinas Sosial sudah berupaya memberikan perhatian, penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata yang diwujudkan dalam bentuk memberikan bantuan.

BACA JUGA:Hari Ibu ke 95, Pemkab Ogan Ilir Gelar Seminar Peran Wanita

“Bantuan ini bertujuan untuk penguatan kapasitas penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas dalam meningkatkan pendapatan, kemampuan berusaha sehingga mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri serta meningkatkan kesetiakawanan sosial,”ujarnya .

Sumber: