Tabrakan KA di Kabupaten Bandung, 4 Kru Tewas, ini Nama-Namanya

Tabrakan KA di Kabupaten Bandung, 4 Kru Tewas, ini Nama-Namanya

Kereta Api Turangga bertabrakan dengan KA Lokal di Kabupaten Bandung, Jumat 5 Januari 2024. --

Tabrakan KA di Kabupaten Bandung, 4 Kru Tewas, ini Nama-Namanya 

KABUPATEN BANDUNG, oganilir.co - Tabrakan kereta api (KA) yang terjadi di Petak Jalan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Jumat 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB memakan korban jiwa.

Empat kru kereta api meninggal dunia akibat kejadian tersebut. PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mengumumkan sebanyak 4 kru KAI meninggal dunia dalam insiden tabrakan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menyampaikan belasungkawa sekaligus mengapresiasi atas jasa para kru yang telah berkontribusi terhadap KAI.

Empat kru yang meninggal dalam Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung, dan Commuterline Bandung Raya terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Pramugara, dan Sekuriti.

BACA JUGA:BREAKING NEWS, Kereta Api Tabrakan di Kabupaten Bandung, Bagaimana Nasib Penumpang?

"Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," kata Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangan resmi, Jumat.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jabar Ibrahim Tompo menyampaikan tabrakan adu banteng KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya telah merenggut tiga korban jiwa yang keseluruhan merupakan kru kereta api. Meliputi masinis KA Lokal Bandung Raya, asisten masinis KA Lokal Bandung Raya, dan pramugara KA Turangga.

"Untuk sementara korban meninggal dunia, yaitu Masinis KA KRD Lokal Padalarang Cicalengka atas nama Julian Dwi setiono, Asisten Masinis KA KRD Lokal Padalarang - Cicalengka a.n Ponisan, dan Pramugara KA Turangga a.n Andrian 22 thn," kata Ibrahim Tompo dalam keterangan resmi, Jumat.

BACA JUGA:Truck Fuso Tertabrak Kereta Api Hingga Ringsek di Lampung

Sementara itu, pihaknya menyebut ada 28 orang korban luka-luka yang keseluruhannya telah dievakuasi ke RSUD Cicalengka. Adapun kapasitas penumpang masing-masing kereta api tersebut terdiri KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Lokal Bandung Raya sebanyak 191 orang.

Untuk informasi, dalam kecelakaan ini satu lokomotif terlihat ringsek, sementara lokomotif lain terangkat ke atas dan terlihat miring bahkan jatuh ke petak sawah. Hingga kini seluruh stakeholder terkait, mulai dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), KAI, KAI Commuter, Basarnas, TNI, Polri masih melakukan evakuasi gerbong yang ringsek sehingga perjalanan KA bisa beroperasi dengan normal.

 

Sumber: