Muratara Banjir, KPU Siapkan TPS Khusus untuk Pemilu 2024

Muratara Banjir, KPU Siapkan TPS Khusus untuk Pemilu 2024

Heriyanto. foto: zulkarnain SEG--

Muratara Banjir, KPU Siapkan TPS Khusus untuk Pemilu 2024 

MURATARA, oganilir.co - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muratara tengah mempersiapkan penyaluran logsitik surat suara. Untuk antisipasi spot daerah rawan banjir, KPU Muratara sudah menyiapkan strategi penyaluran.

Ketua KPU Muratara Heriyanto mengatakan, jika saat ini proses pelipatan surat suara lima pemilu, yakni Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten telah rampung dilaksanakan.

"Hari ini kita masih melakukan tahapan packing, dan paling lambat distribusi disalurkan tanggal 7-8 Febuari," kata Heriyanto, Selasa 23 Januari 2024.

BACA JUGA:PPK Aniaya Anggota PPS, KPU Banyuasin Bentuk Tim

Dia membenarkan jika di wilayah Kabupaten Muratara, banyak didapati spot rawan banjir dan daerah jauh yang tidak memiliki akses jalan darat. Namun pihaknya mngaku sudah melakukan maping dan antisipasi untuk masalah itu. Untuk spot jauh dan rawan bencana banjir, seperti wilayah Kecamatan Rawas Ilir dan Rawas Ulu, masih bisa ditempuh jalur darat. Namun jika situasi secara tentatif, penyelenggara akan menyiapkan TPS khusus dengan daerah safety dari gangguan bencana.

"Katena Januari-Febuari sudah musim hujan, kita takut saja saat pemilihan terjadi bencana tapi sudah kita antisipasi. Jika ada situasi gawat darurat bisa diusulkan opsi pindah lokasi pemilihan yang daerahnya lebih aman," ujarnya.

Heriyanto juga menjelaskan, ada beberapa spot lokasi pemilihan yang tidak bisa ditempuh akses darat. Seperti di Rompok Minak, Kecamatan Karang jaya dan Rupit, Senawar, Karang Pinggan di wilayah Ulu Rawas, dan Translok Pauh.

BACA JUGA:Jelang Kampanye Terbuka KPU OKI Mantapkan Koordinasi

"Untuk lokasi yang spotnya tidak bisa ditempuh jalur darat, kita pakai perahu. Tapi untuk penyaluran logistik ke PPK itu semua melalui jalur darat, karena dari PPK ke PPS yang spotnya ada yang pakai perahu," timpalnya.

Pihaknya berharap, semua pelaksanaan dan tahapan Pemilu serentak 2024 yang akan diselenggarakan berjalan lancar hingga akhir proses tahapan.

"Kita sama sama berdoa, jangan sampai ada bencana dan semoga proses pemilihan serentak 2024 ini tuntas berjalan dengan lancar hingga selesai tahapan," tegasnya.

Untuk jumlah TPS di Kabupaten Muratara, totalnya  652 TPS. TPPS tersebar di 82 desa dan 7 kelurahan yang tersebar di 7 kecamatan se-Kabupaten Muratara. Daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Muratara, sebanyak 142.269 jiwa. Kecamatan Rupit terdapat 17 desa satu kelurahan, DPT sebanyak 27.068 jiwa terdiri dari 13.406 laki-laki dan 13.662 perempuan. 

BACA JUGA:KPU Muratara Sambut 5 Komisioner Baru, ini Nama-Namanya

Sumber: