Kenya Berduka, Pemegang Rekor Dunia Maraton Kelvin Kiptum Meninggal, ini Penyebabnya

Kenya Berduka, Pemegang Rekor Dunia Maraton Kelvin Kiptum Meninggal, ini Penyebabnya

Kelvin Kiptum.--

Kenya Berduka, Pemegang Rekor Maraton Dunia Kelvin Kiptum Meninggal, ini Penyebabnya

KAPTAGAT, oganilir.co - Dunia atletik berduka. Pemegang rekor maraton dunia, Kelvin Kiptum meninggal dunia setelah mobil yang ditumpanginya terlibat dalam kecelakaan.

Mobil yang ditumpangi sang pelari tersebut mengalami kecelakaan, di Kaptagat, Kenya, pada Ahad 11 Februari 202) malam waktu setempat. Kiptum kabarnya mengalami kecelakaan tunggal dengan menabrak pohon seusai kehilangan kendali saat mengemudi mobil.

Melansir The Guardian, pelari asal Kenya itu mengendarai mobil didampingi pelatihnya, Garvais Hakizimana dan seorang wanita. Kiptum bersama Garvais tewas di tempat, sedangkan sang wanita berhasil selamat, tetapi mengalami luka serius dan kini di rawat di rumah sakti setempat.

BACA JUGA:Siswa SMAN 6 Palembang Raih Perak Olimpiade Matematika ASEAN di Langkawi

Kiptum mencetak rekor dunia di Chicago Marathon pada Oktober 2023 lalu. Saat itu, pelari berusia 24 tahun tersebut finis dengan catatan waktu 2:00:35.

Catatan tersebut melampaui rekor 2:01:09 yang dipegang rekan senegaranya, Eliud Kipchoge yang terjadi di Berlin pada 2022. Kecelakaan ini mengakhiri karier gemilang Kiptum yang berharap bisa melakukan debut di Olimpiade Paris 2024.

Menteri Olahraga Kenya, Ababu Namwamba sangat terpukul mendengar kabar sang pelari meninggal dunia dalam kecelakaan mobil.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Taklukkan Juara Olimpiade, Jorji Juara Kumamoto Masters 2023

"Kenya kehilangan permata istimewa. Saya kehilangan kata-kata," tulis Namwamba pada media sosialnya di X.(jpnn/dom)

Sumber: