Siswa SMAN 6 Palembang Raih Perak Olimpiade Matematika ASEAN di Langkawi

Siswa SMAN 6 Palembang Raih Perak Olimpiade Matematika ASEAN di Langkawi

M Athaya Zahran Fadhilah. foto: istimewa--

Siswa SMAN 6 Palembang Raih Perak Olimpiade Matematika ASEAN di Langkawi

oganilir.co - Dunia pendidikan Indonesia patut pangga atas prestasi yang ditorehkan Muhammad Athaya Zahran Fadilah, siswa kelas X6 SMAN 6 Palembang, meraih medali perak di ajang Olimpiade Matematika Internasional Tingkat ASEAN yang digelar The Global League of Winners (GLOW) di Resort Langkawi, Kedah, Malaysia pada 26-30 Desember 2023 lalu.

Muhammad Athaya Zahran Fadilah menuturkan bahwa sebelum dirinya mewakili Indonesia pada Olimpiade Matematika Internasional ASEAN itu, sebelumnya mengikuti seleksi tingkat nasional yang diikuti 60 siswa kelas X SMA dari seluruh Indonesia. Penyelenggaranya adalah Institute of Mathematic's and Science Olympiad (IMASO).

Ada enam materi yang diujikan. Yakni algoritma, persamaan linear, peluang, logika matematika, logaritma, dan geometri. Soal yang diujikan berjumlah 28 soal terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 8 soal esay.

BACA JUGA:SMAN 1 Timpeh Dharmasraya Kunjungi Unsri, Ubah Mindset Siswa Tentang Dunia Kampus

"Yang berhak maju ke babak final adalah siswa yang mampu menjawab soal di atas 65 persen," kata Muhammad Athaya saat dihubungi oganilir.co, Senin 15 Januari 2024 malam. 

Terpilih mewakili Indonesia, lanjut Athaya, dia bertarung di Olimpiade Matematika ASEAN yang diikuti oleh 13 peserta dari negara ASEAN dan negara undangan. Yakni Bulgaria dan China. Soal yang diujikan di Olimpiade Matematika Internasional ASEAN juga mengujikan enam materi di tingkat nasional.

"Hanya soalnya berbeda," ujar Athaya didampingi sang ayah Haris Fadhilah.

Jumlah soal yang dujikan? Athaya menjelaskan bahwa soal yang diujikan di ajang tingkat ASEAN jumlahnya sama dengan yang diujikan di tingkat nasional, yakni 28 soal. Terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 8 soal esay. Untuk soal pilihan ganda jika salah minus 3 dan esay salah minus 5. Begitu juga dengan jawaban benar dapat nilai 3 untuk soal pilihan ganda  plus 5 untuk esay. Sehingga jika ditotal menjadi 100 poin.

BACA JUGA:Turki Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Seluruh Dunia, Semua Fasilitas Ditanggung Pemerintah

"Alhamdulillah, kita dapat perak di tingkat ASEAN," imbuhnya sembari menyebut medali emas direbut wakil dari Indonesia atas nama Isbilya N Erindra (SMA Labschool Kebayoran Jakarta) dan medali perunggu diraih Zaim ZI dari Malaysia. 

Masih kata Athaya, Olimpiade Matematika Internasional ASEAN itu digelar GLOW setiap tahun. Tahun 2022 digelar di Bali, Indonesia dan tahun depan akan digelar di Vietnam. "Event ini digelar tiap tahun," pungkasnya.

 

Sumber: