Mahathir Mohamad Kembali Dirawat di RS, ini Penyakit yang Dideritanya

Mahathir Mohamad Kembali Dirawat di RS, ini Penyakit yang Dideritanya

Mahathir Mohamad.--

Mahathir Mohamad Kembali Dirawat di RS, ini Penyakit yang Dideritanya

KUALA LUMPUR, oganilir.co - Kondisi kesehatan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad kembali bermasalah. Mahathir Mohamad kembali menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Kabar dirawatnya Mahathir Mohamad di rumah sakit mencuat setelah mantan PM berusia 98 tahun itu melewatkan sidang gugatan terhadap Wakil PM Ahmad Zahid Hamidi pada Selasa 13 Februari 2024.

Dilansir Channel News Asia, Rabu 14 Februari 2024, Mahathir sudah keluar-masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Dia diketahui memiliki riwayat masalah jantung dan telah menjalani operasi bypass.

Mahathir dijadwalkan menghadiri sidang gugatan terhadap Ahmad Zahid, yang dijadwalkan pada Selasa (13/2) waktu setempat, terkait tuduhan pencemaran nama baik karena mempertanyakan asal usul mantan pemimpin Malaysia itu.

BACA JUGA:Indonesia Masters 2024: Putri KW Pulangkan Wakil Malaysia

Hakim menunda persidangan itu hingga 19 Juli mendatang, setelah pengacara Mahathir mengungkapkan bahwa kliennya sedang menjalani perawatan medis di Institut Jantung Nasional sejak 26 Januari lalu.

Dalam persidangan, pengacara Ahmad Zahid mengusulkan agar sidang dimulai pada Oktober saja, namun hakim menolaknya dan meminta agar tanggalnya ditentukan lebih awal.

"Kita bisa mengosongkan kasus-kasus lainnya untuk mengakomodasi persidangan ini. Kemungkinan besar, Tun Mahathir adalah salah satu penggugat tertua di pengadilan ini," kata Komisioner Yudisial Gan Techiong.

Mahathir menjabat sebagai PM Malaysia selama dua dekade, atau tepatnya 22 tahun, hingga tahun 2003 lalu.

BACA JUGA:Yuk Dukung Jorji-FajRi di Perempat Final Malaysia Open 2024

Dia kembali menjabat PM pada tahun 2018 setelah memimpin koalisi oposisi yang meraih kemenangan bersejarah dalam pemilu Malaysia. Namun pemerintahannya runtuh dalam waktu kurang dari dua tahun karena pertikaian politik.

Gugatan pencemaran nama baik terhadap Ahmad Zahid diajukan Mahathir pada Juli 2022 lalu. Dalam gugatan itu, Mahathir menuduh Ahmad Zahid telah memfitnah dirinya dalam rapat divisi Partai UMNO.

Mahathir juga menuduh komentar Ahmad Zahid itu dimaksudkan untuk menyiratkan bahwa dirinya tidak terlahir sebagai orang Melayu atau seorang Muslim, dan bahwa nama aslinya adalah Mahathir anak Iskandar Kutty.

Sumber: