Kunjungi Unsri, Stasiun Klimatologi Sumsel Berbagi Ilmu Iklim

Kunjungi Unsri, Stasiun Klimatologi Sumsel Berbagi Ilmu Iklim

Literasi Iklim FMIPA Unsri bekerja sama dengan Stasiun Klimatologi Sumsel.--

Kunjungi Unsri, Stasiun Klimatologi Sumsel Berbagi Ilmu Iklim

INDRALAYA, oganilir.co - Literasi Iklim dan Kualitas Udara bagi generasi digelar oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya (FMIPA Unsri) bekerja sama dengan Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan. 

Literasi dibuka oleh Wakil Rektor Unsri Bidang Perencanaan dan Kerja sama (Wakil Rektor IV) Prof Dr Eng Ir H Joni Arliansyah MT di Auditorium Fakultas Ekonomi Unsri Kampus Indralaya, Selasa 27 Februari 2024.

Dalam sambutannya Wakil Rektor IV Unsri Prof Dr Eng Joni Arliansyah menyampaikan salam dari Rektor Taufiq Marwa yang tidak dapat hadir karena sedang bertugas di luar kota. Dia mengatakan bahwa bahwa Unsri mendukung penuh agenda nasional BMKG terkait agar mahasiswa generasi muda lebih memiliki pengetahuan tentang literasi iklim dan kualitas udara dan program dari memahami menjadi aksi.

BACA JUGA:Ini 4 Wajah Baru Wakil Rektor Unsri

"Melihat pentingnya pengetahuan tentang iklim dan kualitas udara bagi masyarakat secara luas, dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini. Kerja sama dengan Unsri ini juga mendukung kegiatan MBKM, memberi kesempatan mahasiswa belajar di luar kampus. Alhamdulillah info dari Pak Dekan ada 100 mahasiswa unsri yang terlibat," kata Joni Arliansyah.

Dia berharap, ke depan kerja sama antara Unsri dan BMKG dapat terus berlanjut dan ditingkatkan. "Semoga kita semua dapat memetik manfaaf yang maksimal dari kegiatan literasi iIklim dan kualitas udara generasi muda Sumatera Selatan yang kita lakukan saat ini," pungkasnya. 

Sementara itu, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Dr Ardha Sena Sopaheluwakan mengungkapkan suatu kehormatan tersendiri bagi pihaknya berkesempatan dapat berinteraksi dan bekerja sama dengan Unsri yang telah aktif terlibat dalam berbagai program dan inisiatif untuk mengatasi perubahan iklim dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan, penelitian dan inovasi, dimana kolaborasi yang seperti ini mulai berhasil dikembangkan dan dipertahankan keberlanjutannya di BMKG. 

BACA JUGA:Mahasiswa PSPPI Unsri Ikuti Kuliah Umum, 2 Dosen UTM Jadi Narasumber

"BMKG Pusat pada hari ini, untuk pertama kalinya  memberikan amanah kepada Unit Pelaksana Tugas di daerah untuk menggelar acara literasi iklim dan kualitas udara generasi muda. Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan berkolaborasi dengan Universitas Sriwijaya akan membersamai para mahasiswa generasi muda untuk menumbuhkan kesiapsiagaan sejak dini terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam yang lebih intens terjadi. Ini juga merupakan implementasi dari MOU antara Rektor Unsri dengan Kepala BMKG dan perjanjian kerja sama antara Dekan FMIPA dengan Kepala Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan," ujarnya.

Hadir sebagai narasumber Prof Dr Iskhaq Iskandar, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumatera Bagian Selatan; Supari PhD, koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG; dan Siswanto, PhD, Ketua tim Pengelolaan Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG.

Kegiatan itu dihadiri Dekan Fakultas MIPA, Prof Hermansyah, SSi MSi PhD, Wakil Dekan I, II, dan III Fakultas MIPA, Kepala Jurusan dan Kepala Prodi Fakultas MIPA di lingkungan Unsri. Sementara delegasi dari BMKG dihadiri oleh Inspektur BMKG, Kepala Balai Wilayah II BMKG, Koordinator BMKG Sumatera Selatan, Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, dan Kepala UPT Stasiun Klimatologi. (ril)

Sumber: