Bamsoet Nyalon Ketum Golkar, Sebut Calon Ada 4, Termasuk Dirinya

Bamsoet Nyalon Ketum Golkar, Sebut Calon Ada 4, Termasuk Dirinya

Bambang Soesatyo.--

Bamsoet Nyalon Ketum Golkar, Sebut Calon Ada 4, Termasuk Dirinya

JAKARTA, oganilir.co - Menjelang Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar, beberapa nama calon ketua umum bermunculan. Termasuk nama incumbent Airlangga Hartarto. 

Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa ada empat nama yang masuk bursa calon ketua umum (caketum) partai. Namun pernyataan itu dibantah oleh Waketum Golkar Melchias Mekeng. Dia menyebut caketum tentunya bisa lebih dari empat nama.

"Jadi kita kalau munas sesuai dengan aturan kan Desember. Dan bahwa ada yang mau maju itu haknya kader, tapi belum tentu 4, bisa lebih. Ya mau maju kan bebas, yang sekarang diam juga pasti ada," kata Mekeng seperti dilansir detik.com, Sabtu 9 Maret 2024.

Dia menegaskan bahwa caketum nanti tak hanya bisa diisi oleh senior Golkar. Dia menyebut caketum itu harus mengumpulkan seperti suara dari DPD se-Indonesia.

BACA JUGA:Golkar Sumsel Raih 2 Kursi di Dapil 10 Banyuasin, ini Nama Calegnya

"Jadi ya itu mungkin yang mungkin dianggap senior. Tapi kan yang setengah senior juga banyak punya keinginan, yang punya kapasitas juga. Jadi itu sih prediksi aja itu. Itu kan baru bakal calon. calon itu bisa masuk ke dalam arena munas jadi seorang calon itu harus mengumpulkan minimum sepertiga dari DPD. DPD itu 514 ya," katanya.

"Kalau sepertiga berarti cuma bisa 3 orang ya kalau menurut matematika. Bisa juga cuma 2, katakanlah 1 orang 60 persen, yang satunya 40 persen. Atau cuma 1 kalau aklamasi," tambahnya.

Kemudian, saat ditanya siapa yang paling berpotensi, Mekeng berbicara soal pencapaian Airlangga Hartarto yang dalam suara sementara di Pileg bisa meraih suara yang cukup melesat.

"Kalau cuma ngomong asal juga bisa, tapi kan kita harus realistis, untuk mendapatkan sepertiga itu tidak mudah. Effortnya harus kuat. Apalagi melawan katakan incumbent, kan Pak Airlangga itu incumbent, perolehan kursinya bertambah, kalau melawan dia pasti akan berhadapan dengan daerah-daerah yang merasa puas dengan capaian hasil, effortnya harus kuat," katanya.

BACA JUGA:Untuk DPRD Sumatera Selatan Dapil 10 Golkar Bakal Raih Dua Kursi

"Ya semua ujungnya pasti perolehan pemilu, kalau lebih dari kursi sekarang pasti mereka merasanya ini capaiannya Airlangga, walaupun orang nilai bukan kerja dia sendiri, tapi dia kan komandannya," jelasnya.

Bursa Caketum Golkar

Sebelumnya Bamsoet mengungkap ada empat nama yang disebutnya masuk bursa caketum partai. Bamsoet mengatakan namanya juga masuk bursa tersebut.

Sumber: