Tol Trans Sumatera Ditargetkan Selesai Sebelum Lebaran Tahun 2025
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono didampingi Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam, foto ist--
Seksi 2 (Jakabaring – Kramasan – Musilandas) sepanjang 33.9 km dengan rincian Seksi 2A Ruas Jakabaring-Kramasan sepanjang 9 Km. Ruas Tol Kayuagung – Palembang – Betung (Kapalbetung) dibangun dengan total investasi sebesar Rp. 22.17 Triliun. Ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol trans sumatera (JTTS) yang membentang sepanjang 111.69 km.
BACA JUGA:46.201 Kendaraan Melintasi Tol Palembang-Prabumulih.
Mengenai tantangan engineering dan jenis konstruksi yang dihadapi dalam pembangunan ruas tol Kapalbetung adalah konstruksi tahap 1 (Kayu Agung – Jakabaring - Kramasan) sepanjang 42. 5 km ialah PVD+Vacum/Preloading, Replacement, Pile Slab dan Jembatan. Selanjutnya konstruksi tahap 2 (Kramasan – Betung) sepanjang 69.19 km ialah Replacement, PVD+Vacum, galian, Pile Slab dan Jembatan.
Dalam ruas tol Kapalbetung ini juga terdapat 3 jembatan tol dengan bentang Panjang, antara lain Jembatan Ogan 1,589 m (sudah terbangun, jembatan tol terpanjang saat ini di Indonesia), Jembatan Kramsan 1,217 m dan terakhir Jembatan Musi 1,684 m.
Kelanjutan pembangunan Jalan Tol ini merupakan salah satu komitmen Pemerintah dalam peningkatan konektivitas antar wilayah dan pemenuhan kebutuhan jalan tol khususnya jalan tol Trans Sumatera yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).
Manfaat secara langsung dengan adanya jalan tol kapalbetung ini bisa mempersingkat jarak tempuh dan waktu tempuh sehingga biaya BBM dan maintenance kendaraan lebih efisien jika dibanding dengan lewat jalan biasa non tol.
Sumber: